Cara Menentukan Rumus Molekul Senyawa

By | July 28, 2019

Cara Menentukan Rumus Molekul Senyawa adalah materi yang membahas bagaimana cara menentukan rumus molekul untuk suatu senyawa. Rumus molekul adalah bagian dari rumus kimia, di mana memiliki pengertian sebagai zat yang menyatakan jenis dan jumlah relatif atom-atom yang terdapat dalam zat itu. Atau dalam bahasa lain, dapat dikatakan bahwa rumus kimia adalah cara ringkas memberikan informasi mengenai perbandingan atom – atom yang menyusun suatu senyawa kimia tertentu. Bagaimana cara menentukan rumus molekul senyawa? Apa itu rumus empiris dan apa itu rumus molekul? Sobat idschool dapat mempelajarinya melalui halaman ini.

Rumus kimia zat terbagi menjadi dua yaitu rumus molekul dan rumus empiris. Bentuk rumus kimia menggunakan sebaris simbol zat kimia, nomor, tanda kurung, kurung siku, dan tanda plus dan minus. Dalam rumus kimia terdapat pula angka indeks yaitu angka yang menyatakan jumlah atom suatu unsur dalam rumus kimia. Sebagai contoh senyawa glukosa, memiliki rumus empiris CH2O dan rumus molekul C6H12O6. Perhatikan rumus molekul glukosa yang dinyatakan dalam rumus C6H12O6. Hal ini menandakan bahwa senyawa glukosa terdiri atas 6 atom C, 12 atom H, dan 6 atom O.

Simak lebih lanjut materi terkait cara menentukan rumus molekul senyawa melalui halaman ini yang meliputi mengenal rumus kimia: rumus empiris dan rumus molekul, langkah – langkah menentukan rumus molekul, dan contoh soal cara menentukan rumus molekul yang telah dilengkapi dengan pembahasannya.

Rumus Kimia: Rumus Empiris dan Rumus Molekul

Rumus kimia terbagi menjadi dua yaitu rumus molekul dan rumus empiris. Rumus empiris menyatakan rumus kimia yang menggambarkan perbandingan mol terkecil dari atom-atom penyusun senyawa. Sedangkan rumus molekul adalah rumus sebenarnya dari suatu senyawa. Rumus molekul dapat ditentukan jika massa molekul relatif diketahui.

Semua senyawa mempunyai rumus empiris. Pada banyak senyawa memiliki rumus empiris dan rumus molekul yang sama.

Senyawa molekul dapat mempunyai rumus empiris dan rumus molekul.

Senyawa ion hanya mempunyai rumus empiris.

Semua senyawa yang mempunyai rumus molekul pasti memiliki rumus empiris. Namun, senyawa yang memiliki rumus empiris belum tentu mempunyai rumus molekul.

Rumus Empiris menyatakan rasio perbandingan terkecil dari atom – atom pembentuk senyawa, bukan menyatakan sebuah senyawa atau zat.

  1. Natrium klorida merupakan senyawa ion yang terdiri atas ion Na+ dan ion Cl dengan perbandingan 1 : 1. Rumus kimia natrium klorida NaCl.
  2. Kalsium klorida merupakan senyawa ion yang terdiri atas ion Ca2+ dan ion Cl dengan perbandingan 2 : 1. Rumus kimia kalsium klorida CaCl2.

Rumus Molekul adalah rumus yang menyatakan jumlah atom – atom dari unsur – unsur yang menyusun satu molekul senyawa. Ringkasnya, rumus molekul menyatakan susunan sebenarnya dari molekul zat.

  1. Rumus molekul air yaitu H2O yang berarti dalam satu molekul air terdapat dua atom hidrogen dan satu atom oksigen.
  2. Rumus molekul glukosa C6H12O6 yang berarti dalam satu molekul glukosa terdapat 6 atom karbon, 12 atom hidrogen, dan 6 atom oksigen.

Hubungan antara rumus empiris dan rumus molekul adalah rumus molekul merupakan kelipatan dari rumus empiris.

Langkah – Langkah Menentukan Rumus Empiris dan Rumus Molekul

Langkah – langkah menentukan rumus empiris dan rumus molekul berikut dapat sobat idschool gunakan sebagai cara menentukan rumus molekul senyawa. Terdapat lima langkah yang perlu sobat idschool lakukan untuk mendapatkan rumus molekul senyawa. Berikut ini adalah langkah – langkah menentukan rumus empiris dan rumus molekul suatu senyawa.

  1. Menghitung perbandingan massa unsur
  2. Menghitung perbandingan mol
  3. Menghitung perbandingan jumlah atom
  4. Menentukan rumus empiris
  5. Menentukan rumus molekul

Untuk lebih mendalami penggunaan cara menentukan rumus molekul senyawa, perhatikan contoh soal cara menentukan rumus molekul senyawa berikut yang telah dilengkapi dengan pembahasannya.

Contoh Soal Cara Menentukan Rumus Molekul dan Pembahasan

Contoh 1 – Soal Menentukan Rumus Empiris dan Rumus Molekul

Diketahui suatu senyawa mengandung C, H, dan O memiliki massa 4,5 gram dan Mr = 30. Jika gas oksigen yang digunakan murni ternyata menghasilkan 6,6 gram CO2 dan 2,7 gram H2O maka rumus empiris dan rumus molekul senyawa tersebut berturut – turut adalah ….
A.       CH2O dan CH2O
B.       CH2O dan C2H4O2
C.       CH2O dan C3H6O4
D.       CH2O dan C4H8O4
E.       CH2O dan C5H10O5

  Pembahasan:

Langkah 1: menentukan perbandingan massa unsur

Massa C dalam CO2:

    \[ = \frac{n \cdot C \times Ar \; C}{Mr \; CO_{2}} \times \textrm{massa } CO_{2} \]

    \[ = \frac{1 \times 12}{44} \times \textrm{6,6} = 1,8 \; gr \]

Massa H dalam H2O:

    \[ = \frac{n \cdot H \times Ar \; H}{Mr \; H_{2}O} \times \textrm{massa }H_{2}O \]

    \[ = \frac{2 \times 1}{18} \times \textrm{2,7} = 0,3 \; gr \]

Menghitung massa O:

    \[ = \textrm{massa sampel} - \textrm{massa C} - \textrm{massa H} \]

    \[ = 4,5 - 1,8 - 0,3 \]

    \[ = 2,4 \; gr \]

 

Langkah 2: menghitung perbandingan mol

Kuantitas (dalam mol) C:

    \[ =\frac{\textrm{massa C}}{Ar \; C} \]

    \[ =\frac{1,8}{12} = 0,15 \]

Kuantitas (dalam mol) H:

    \[ =\frac{\textrm{massa H}}{Ar \; H} \]

    \[ =\frac{0,3}{1} = 0,3 \]

Kuantitas (dalam mol) O:

    \[ = \frac{\textrm{massa O}}{Ar \; O} \]

    \[ = \frac{2,4}{16} = 0,15 \]

 

Langkah 3: menghitung perbandingan jumlah atom

Perbandingan jumlah atom C : H : O melalui perbandingan mol

    \[ C : H : O = 0,15 : 0,3 : 0,15 = 1 : 2 : 1 \]

 

Langkah 4: menentukan rumus empiris

Diperoleh perbandingan jumlah atom C, H, dan O berturut – turut adalah 1, 2, dan 1. Sehingga, rumus empiris senyawa karbon tersebut adalah CH2O

 

Langkah 5: menentukan rumus molekul

    \[ Mr = \left(CH_{2}O \right)n \]

    \[ 30 = \left(Ar \; C + 2 \times Ar \; H + Ar \; O \right)n \]

    \[ 30 = \left(12 + 2 \times 1 + 16 \right)n \]

    \[ 30 = 30n \]

    \[ n = \frac{30}{30} = 1 \]

Rumus molekul senyawa tersebut adalah (CH2O)1 = CH2O

 

Jadi, senyawa tersebut memiliki rumus empiris dan rumus molekul berturut – turut adalah CH2O dan CH2O.

Jawaban: A

Demikianlah tadi ulasan materi mengenai cara menentukan rumus molekul senyawa. Bahasan meliputi rumus kimia: rumus empiris dan rumus molekul, langkah – langkah menentukan rumus molekul, dan contoh soal cara menentukan rumus molekul yang telah dilengkapi dengan pembahasannya. Terimakasih sudah mengunjungi idshool(dot)net, semoga bermanfaat.