Cara Mengubah Satuan km/jam menjadi m/s dan Sebaliknya

By | October 12, 2020

Sebuah benda yang bergerak mempunyai kecepatan yang biasanya dinyatakan dalam km/jam atau m/s. Satuan kecepatan km/jam digunakan ketika jarak yang ditempuh dinyatakan dalam km dan waktu tempuh dalam jam. Sedangkan satuan m/s digunakan ketika satuan jarak yang digunakan adalah meter dan satuan waktu tempuh adalah sekon. Sering kali satuan diberikan dalam bentuk yang berbeda, misalnya jarak dalam km dan waktu tempuh dalam sekon. Untuk mendapatkan satuan dalam km/jam maka perlu mengubah satuan yang sesuai terlebih dahulu. Jika diketahui jarak dalam kilometer (km) dan waktu dalam tempuh dalam sekon (s) maka untuk mendapatkan satuan dalam bentuk km/jam perlu mengubah satuan sekon menjadi jam.

Konversi satuan atau mengubah satuan cukup mudah dilakukan pada satuan tunggal. Sebagai contoh konversi satuan dari kilometer ke meter, dari jam ke menit, atau konversi satuan tunggal lainnya. Nilai 1 kilometer sama dengan 1.000 meter, dan nilai 1 jam sama dengan 60 menit atau 3.600 menit. Contoh konversi tersebut mudah dilakukan, bukan? Namun untuk konversi dengan dua satuan, misalnya km/jam menjadi m/s atau sebaliknya terlihat sedikit membingungkan. Misalnya pada berapa kecepatan benda 36 km/jam dalam satuan m/s. Cara mengubah satuan km/jam ke m/s dilakukan dengan melibatkan dua kali konversi satuan. Konversi yang perlu dilakukan adalah konversi km ke m dan jam ke sekon.

Cara Mengubah Satuan km/jam Menjadi m/s dan Sebaliknya

Bagaimana cara mengubah satuan km/jam menjadi m/s? Bagimana cara mengubah satuan m/s menjadi km/jam? Sobat idschool dapat mencari tahu caranya melalui ulasan di bawah.

Baca Juga: Macam – Macam Konversi Satuan

Konversi Satuan km/jam ke m/s

Cara melakukan konversi satuan km/jam ke m/s mlibatkan dua konversi satuan yaitu konversi panjang dan waktu. Pertama, konversi dilakukan untuk mengubah kilometer (km) ke meter (m), di mana nilai 1 km = 1.000 m. Kedua adalah konversi waktu dari jam ke sekon (s), di mana nilai 1 jam = 3.600 sekon (atau detik).

Setelah mengetahui dua konversi satuan tersebut, selanjutnya adalah melakukan operasi hitung. Pada satuan km/jam, satuan panjang (km) merupakan pembilang dan satuan waktu (jam) merupakan penyebut. Sehingga, pada konversi suatu nilai dalam satuan km/jam ke m/s dilakukan dengan cara mengalikan nilai tersebut dengan 1.000 (hasil konversi km ke m) dan dibagi 3.600 (hasil konversi jam ke sekon).

Secara umum, persamaan yang dapat digunakan untuk konversi satuan km/jam menjadi m/s diberikan seperti berikut.

Cara Mengubah Satuan km/jam ke m/s

Sebagai contoh akan dilakukan konversi satuan dari 72 km/jam menjadi m/s:

72 km/jam = 72 × 1.000/3.600 m/s
= 72.000/3.600 m/s
= 20 m/s

Jadi, sebuah benda yang bergerak dengan kecepatan 72 km/jam sama dengan bergerak dengan kecepatan 20 m/s.

Baca Juga: Skala, Jarak Peta, dan Jarak Sebenarnya

Konversi Satuan m/s ke km/jam

Proses untuk mendapatkan satuan kecepatan km/jam dari m/s hampir sama dengan konversi km/jam ke m/s. Konversi satuan m/s ke km/jam juga dilakukan dengan melibatkan dua konversi satuan. Konversi pertama adalah mengubah satuan meter (m) ke kilometer (km). Kedua adalah konversi satuan waktu untuk mengubah sekon (s) atau detik menjadi jam.

Nilai 1 meter sama dengan 0,001 kilometer atau 1/1.000  kilometer. Nilai 1 sekon sama dengan 1/3.600 jam. Konversi satuan m/s ke km/jam dilakukan dengan mengalikan nilai dalam satuan m/s dengan 1/1.000 dan membaginya dengan 1/3.600.

Secara umum, persamaan yang digunakan dalam konversi satuan m/s ke km/jam diberikan seperti berikut.

Cara Mengubah Satuan km/jam Menjadi m/s dan sebaliknya

Sebagai contoh akan dilakukan konversi satuan dari 15 m/s ke dalam satuan km/jam:
15 m/s = 15 × 3.600/1.000 km/jam
= 54.000/1.000 m/s
= 54 km/jam

Jadi, sebuah benda yang bergerak dengan kecepatan 15 m/s sama dengan bergerak dengan kecepatan 54 km/jam.

Demikianlah tadi ulasan materi cara mengubah satuan km/jam menjadi m/s dan cara mengubah satuan m/s menjadi km/jam. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Konversi Suhu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.