Macam – Macam Kromosom

By | March 16, 2020

Kromosom adalah salah satu material genetik yaitu substansi pembawa informasi genetik suatu makhluk hidup. Selain kromosom, tubuh makhluk hidup juga terdiri dari substansi materi genetik lain. Substansi yang merupakan materi genetik meliputi kromosom, gen dan alel, DNA dan RNA, serta proses sintesis protein. Adanya materi genetik ini menjadi penjelasan mengapa anak mempunyai kemiripan dengan ayah dan ibunya. Atau makhluk hidup tertentu memiliki kemiripan dengan induknya. Kromosom memiliki tipe dan bentuk yang berbeda. Macam – macam kromosom tersebut dilihat dari fungsi, bentuk, letak sentromer, dan jumlah sentromer. Bagaimana penjelasan macam – macam kromosom? Cari tahu jawabannya melalui ulasan materi di bawah.

Sebelumnya, ingat kembali sedikit mengenai apa itu kromosom. Di mana letak kromosom tubuh? Apa saja komponen penyusun kromosom? Kromosom berada dalam setiap sel di dalam tubuh yang memiliki inti sel. Bagian – bagian kromosom terdiri dari dua bagian utama yaitu lengan kromosom dan sentromer. Peran kromosom sangat terlihat pada waktu terjadi pembelahan sel. Urutan perubahan yang terjadi saat terjadi pembelahan sel adalah kromatin → kromatid → kromosom. Ketiga bentuk tersebut mempunyai struktur yang berbeda. Di mana perbedaan akan terlihat pada masing – masing tahapan saat terjadi pembelahan sel.

Selanjutnya kenali apa saja macam – macam kromosom yang ada dalam tubuh. Apa saja macam – macam kromosom? Cari tahu jawabannya melalui ulasan materi di bawah.

Baca Juga: Struktur Kromosom

Kromosom Berdasarkan Fungsi

Kromosom berdasarkan fungsinya dibedakan menjadi autosom (kromosom tubuh) dan gonosom (kromosom kelamin).

  • Autosom (kromosom tubuh) adalah kromosom yang mengendalikan sifat – sifat tubuh, seperti warna mata, warna kulit, atau tinggi badan.  Autosom tidak berperan dalam menentukan jenis kelamin.
  • Gonosom (kromosom kelamin) adalah kromosom yang menentukan jenis kelamin yang terdiri atas X dan Y. Kromosom X berbentuk lurus, sedangkan kromosom Y berbentuk bengkok pada ujungnya. Jenis kelamin perempuan ditandai dengan adanya kromosom XX. Untuk jenis kelamin laki – laki ditandai dengan adanya kromosom XY.

Baca Juga: Jumlah Kromosom Manusia

Kromosom Berdasarkan Bentuknya

Berikutnya, macam – macam kromosom dikelompokkan berdasarkan bentuknya. Kromosom berdasarkan bentuknya terdiri dari tipe bulat, cerutu, koma, atau batang. Selain itu, berdasarkan bentuknya, kromosom ada yang menyerupai huruf V dan huruf L.

Macam - Macam Kromosom Berdasarkan Bentuknya

Baca Juga: Pewarisan Sifat – Persilangan Monohibrid, Intermediet, dan Dihibrid

Kromosom Berdasarkan Letak Sentromer

Letak sentromer pada sebuah kromosom bisa berada di tengah, agak pinggir, atau bagian ujung kromosom. Adanya perbedaan letak sentromer membuat lengan kromosom tidak selalu sama panjang. Berdasarkan keberagaman letak sentromer, kromosom dapat dibedakan menjadi metasentrik, akrosentrik, submetasentrik, dan telosentrik.

Macam - Macam Kromosom Berdasarkan Letak Sntromer

Keterangan macam – macam kromosom berdasarkan letak sentromer:

  • Metasentrik: sentromer tepat berada di tengah – tengah kromatid dan membaginya sama panjang, bentuknya seperti huruf V.
  • Akrosentrik: sentromer terletak di ujung kromatid dan menyebabkan satu kromatid memiliki lengan kromosom lebih panjang dari yang lain, bentuk kromosom metasentrik seperti huruf J.
  • Submetasentrik: sentromer tidak tepat di tengah – tengah kromatid dan tidak membaginya sama panjang, bentuk kromosom seperti huruf L.
  • Telosentrik: sentromer terletak di ujung kromatid sehingga hanya ada satu kromatid, bentuk kromosom telosentrik seperti huruf i.

Baca Juga: Pembelahan Sel – Amitosis

Kromosom Berdasarkan Jumlah Sentromer

Jumlah sentromer pada sautu kromsom juga beragam. Ada kromosom yang tidak memiliki sentromer. Namun ada pula kromosom yang memiliki banyak sentromer. Berdasarkan jumlah sentromer, kromosom terdiri dari asentrik, monosentrik, disentrik, dan polisentrik.

  • Asentrik: kromosom tidak memiliki sentromer
  • Monosentrik: kromosom dengan satu sentromer
  • Disentrik: kromosom memiliki dua sentromer
  • Polisentrik: kromosom dengan banyak sentromer.

Itulah tadi macam – macam kromosom yang dilihat dari fungsi, bentuk, letak sentromer, dan jumlah sentromer. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Pembelahan Sel – Mitosis dan Meiosis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.