Pembelahan Sel – Amitosis

By | March 10, 2020

Amitosis merupakan gabungan dari dua kata asal yaitu a dan mitosis. Arti a adalah tidak, sedangkan mitosis memiliki arti benang. Benang yang dimaksud di sini adalah benang spindel, yaitu benang protein yang membentuk tabung (disebut: tubulus). Benang spindel akan muncul untuk menghubungkan sentriol yang satu dengan yang lain pada proses pembelahan sel. Fungsi dari benang spindel adalah untuk menarik kromosom menuju ke kutub masing – masing. Tidak adanya benang spindel, maka pembelahan sel jenis ini akan menjadi sederhana karena inti sel akan langsung membelah menjadi dua dan akan langsung didistribusikan ke sel anak.

Pembelahan sel adalah suatu proses yang membagi satu sel induk menjadi dua atau lebih sel anak. Terdapat dua cara pembelahan yang terjadi pada makhluk hidup yaitu secara langsung dan tidak langsung. Pembelahan sel secara langsung terjadi pada makhluk hidup tingkat rendah, seperti pada organisme eukariotik dan prokariotik uniseluler. Sedangkan pembelahan sel tidak langsung terjadi pada makhluk hidup multiseluler, seperti pada manusia. Pada pembelahan sel langsung, terjadi pada satu organisme dan tidak melibatkan organisme lain. Sehingga pada pembelahan sel secara amitosis akan mewarisi sifat identik/sama dari induknya.

Pembelahan Sel Amitosis

Organisme yang melakukan pembelahan sel amitosis adalah organisme eukariotik dan prokariotik uniseluler (organisme bersel satu). Contoh organisme yang berkembang biak secara amitosis adalah amoeba, paramecium, cyanobacteria, dll.

Apa Itu Pembelahan Sel Amitosis?

Amitosis adalah pembelahan sel yang berlangsung secara spontan tanpa melalui tahapan – tahapan pembelahan. Maksud dari tahapan – tahapan pembelahan tersebut adalah tahapan profase, metafase, anafase, dan telofase. Tahapan – tahapan tersebut hanya terjadi pada pembelahan secara tidak langsung (mitosis dan meiosis). Sedangkan pada pembelahan sel amitosis tidak melewati tahapan tersebut.

Pengertian pembelahan sel amitosis:
proses pembelahan sel secara langsung yang tidak melalui tahapan – tahapan pembelahan.

Pembelahan sel amitosis disebut juga pembelahan biner atau pembelahan langsung. Amitosis pada organisme uniseluler bertujuan menghindari kepunahan jenisnya.

Baca Juga: Perbedaan Sel Eukariotik dan Prokariotik

Ciri – ciri Pembelahan Sel Amitosis :

  • Terjadi organisme uniseluler/bersel tunggal, misalnya : Amoeba, paramecium, alga biru
  • Setiap sel terbelah menjadi 2 sel

Tujuan Pembelahan Sel Amitosis

Tujuan dari pembelahan sel amitosis ini adalah untuk reproduksi yaitu untuk memperbanyak diri yang awalnya hanya satu kini terbelah menjadi beberapa bagian. Sehingga cara ini akan menghasilkan pembelahan yang banyak dan sempurna.

Baca Juga: Struktur Sel Bakteri

Proses Pembelahan Sel Amitosis

Cara berkembang biak secara amitosis biasanya terjadi pada organisme prokariotik seperti halnya bakteri. Pada proses pembelahan sel secara amitosis dapat terjadi karena sel – sel bakteri yang tidak mempunyai bagian – bagian dari membran inti yang berperan penting dalam membatasi nukleoplasma dengan sitoplasma.

Kemudian bisa juga karena DNA yang tersimpan di dalam ruang lingkupnya sel relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan DNA pada sel eukariotik. Bentuk sirkuler merupakan bentuk dari DNA prokariotik sehingga pada DNA tidak perlu digabungkan menjadi kelompok dari kromosom – kromosom sebelum  terjadinya suatu proses pembelahan sel – sel.

Secara ringkas, tahapan pembelahan amitosis pada bakteri diberikan seperti berikut.

  1. Kromosom bakteri menempel pada dinding sel
  2. DNA kromosom bereplikasi
  3. Dinding sel dan membran plasma akan mengalami penekukan
  4. Akan terbentuk sekat antara kedua DNA kromosom
  5. Akan terbentuk anakan yang memiliki sifat identik dengan induknya

Contoh – contoh organisme yang mengalami pembelahan sel secara amitosis: bakteri, ganggang hijau, amoeba, dan paramecium.

Itulah tadi ulasan materi mengenai pembelahan sel amitosis. Meliputi bahasan pengertian pembelahan sel amitosis, ciri – ciri organisme dengan pembelahan sel amitosis, tujuan pembelahan amitosis, dan proses pembelahan sel amitosis. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Pembelahan Sel – Mitosis dan Meiosis

One thought on “Pembelahan Sel – Amitosis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.