Sumber Pendapatan Negara

By | May 3, 2019

Sumber Pendapatan Negara adalah dana yang diterima negara untuk melakukan pembiayaan pembangunan nasional. Dana yang menjadi sumber pendapatan negara dikelola dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja negara yang biasa disingkat RAPBN. Sumber pendapatan negara berasal dari berbagai sumber, seperti penerimaan dari dalam negeri atau penerimaan luar negeri, penerimaan dari pajak atau non pajak, dari minyak bumi, migas, atau nonmigas, dana hibah, dan lain sebagainya. Ulasan terkait dari mana saja sumber pendapatan negara lebih lanjut dapat sobat idschool simak melalui bahasan di bawah.

Besar pendapatan negara akan berpengaruh terhadap tingkat kualitas hidup masyarakat. Semakin banyak pendapatan negara yang diterima akan membuat tingkat pembangunan nasional juga meningkat. Sumber pendapatan negara terbesar adalah pajak, selain itu ada juga sumber pendapatan negara yang cukup besar dari bea dan cukai. Tentu saja bukan hanya itu sumber pendapatan negara yang diterima. Ada sumber pendapatan negara lain yang diterima. Dari mana saja sumber pendapatan negara? Cari tau lebih jauh melalui bahasan – bahasan di bawah.

Sumber Pendapatan Negara

Penerimaan Dalam Negeri

Sumber pendapatan negara yang pertama akan diulas adalah sumber pendapatan negara dari penerimaan pendapatan pemerintah dari dalam negeri. Pendapatan dalam negeri berasal dari pajak dan nonpajak. Penerimaan dari sektor pajak menjadi sumber pendapatan negara terbesar yang diterima negara. Pendapatan dari pajak terbagi pada dua sumber, yaitu pajak dalam negeri dan pajak perdagangan internasional.


Sumber pendapatan negara terbesar berasal dari pajak.

Sumber pendapatan negara berupa pajak dalam negeri berasal dari Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai, Pajak Penjualan atas Barang Mewah, PBB, Pajak Ekspor, Bea Masuk dan Cukai. Sedangkan sumber pendapatan pajak perdagangan internasional berasal dari bea masuk, pajak/pungutan ekspor, dan pajak lainnya.

Sumber Pendapatan Negara dari Sektor Pajak

Untuk sumber pendapatan negara non pajak juga berasal dari penerimaan berbagai sumber, misalnya  hasil kelola sumber daya alam, laba badan usaha milik negara, dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) lainnya. Jenis penerimaan yang termasuk dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBK) meliputi penerimaan yang bersumber dari pengelolaan dana pemerintah, pemanfaatan sumber daya alam, hasil pengelolaan kekayaan negara yang dipisahkan, jasa/pelayanan yang dilaksanakan pemerintah, pengenaan denda administrasi, hibah, dan penerimaan jenis lain yang diatur dalam undang – undang tersendiri.

Sumber Pendapatan Negara non pajak

Sumber pendapatan negara dari dalam negeri digunakan pemerintah untuk menutup pengeluaran rutin pemerintah.

Baca Juga: Masalah Pokok Ekonomi

Penerimaan Luar Negeri

Sumber pendapatan berikutnya yang akan diulas adalah penerimaan luar negeri. Penerimaan yang berasal dari luar negeri terdiri atas pinjaman program dan pinjaman proyek. Alokasi penerimaan luar negeri berupa bantuan dari luar negeri ini digunakan untuk membiayai belanja pembangunan.

Dana penerimaan negara berupa pinjaman dari luar negeri berasal dari negara donor atau lembaga keuangan internasional. Lembaga pemberi bantuan keuangan ke Indonesia meliputi ADB (ASEAN Development Bank), IMF (International Monetary Fund), dan Bank Dunia (World Bank).

Sumber Pendapatan Negara dari luar negeri

Demikianlah tadi ulasan materi terkait sumber pendapatan negara, meliputi penerimaan dalam negeri dan penerimaan luar negeri. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: 4 Macam Sistem Ekonomi