Kegiatan Ekonomi

By | April 29, 2019

Kegiatan Ekonomi mempunyai peranan yang sangat erat dengan kemakmuran atau tingkat kesejahteraan hidup. Dalam kegiatan ekonomi terdapat banyak kegiatan yang dapat dilakukan agar tercapainya tingkat kesejahteraan hidup. Bahasan dalam kegiatan ekonomi cukup luas, meliputi pengertian kegiatan ekonomi, tujuan kegiatan ekonomi, pelaku kegiatan ekonomi,  jenis kegiatan ekonomi, dan contoh kegiatan ekonomi di masyarakat. Bahasan terkait materi kegiatan ekonomi dapat sobat idschool simak pada bahasan – bahasan di halaman ini.

Secara umum, kegiatan ekonomi memiliki prinsip ekonomi yang menyatakan bahwa dengan biaya produksi serendah – rendahnya untuk mendapatkan hasil keuntungan atau barang dan jasa sebanyak – banyaknya. Intinya, upaya manusia yang dilakukan dalam kegiatan ekonomi adalah untuk mencari keuntungan maksimal dengan modal yang paling minimal. Pada kegiatan ekonomi terdapat aktivitas untuk menyediakan produk, baik berupa barang atau jasa.

kegiatan ekonomi

Apa saja bahasan terkait materi kegiatan ekonomi? Sobat idschool dapat mempelajari secara lebih lengkap pada ulasan – ulasan di bawah.

Pengertian Kegiatan Ekonomi

Pengertian kegiatan ekonomi adalah upaya atau langkah yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kebutuhan hidup yang perlu dipenuhi setiap manusia sangat banyak meliputi kebutuhan pokok, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier (mewah). Sehingga kegiatan ekonomi melibatkan banyak orang di dalamnya. Antar pelaku kegiatan ekonomi menggunakan alat tukar berupa mata uang yang diakui negara sebagai alat tukar yang sah.

Pengertian Kegiatan Ekonomi

Tujuan Kegiatan Ekonomi

Tujuan kegiatan ekonomi adalah mencukupi semua kebutuhan hidup. Berkaitan dengan pengertian kegiatan ekonomi, tujuan kegiatan ekonomi adalah mewujudkan apa yang menjadi pengertian kegiatan ekonomi. Dalam kata lain, tujuan kegiatan ekonomi adalah mewujudkan aktivitas yang dapat memenuhi kebutuhan hidup, terutama kebutuhan pokok.

Pemenuhan kebutuhan pokok akan menjadi prioritas utama dalam tujuan kegiatan ekonomi. Terpenuhinya kebutuhan pokok seseorang akan mendorong seseorang untuk memenuhi kebutuhan sekunder bahkan kebutuhan tersier (mewah).

Dalam menjalankan kegiatan ekonomi perlu diperhatikan prinsip ekonomi dan pengetahuan terkait ilmu ekonomi agar tujuan kegiatan ekonomi dapat tercapai dengan baik.

Jenis Kegiatan Ekonomi

Jenis kegiatan ekonomi meliputi 3 kegiatan utama yaitu kegiatan produksi, kegiatan distribusi, dan kegiatan konsumsi. Ketiga kelompok dalam jenis kegiatan ekonomi tersebut saling berhubungan satu sama lain. Tidak adanya salah satu jenis kegiatan ekonomi akan membuat rantai dalam kegiatan ekonomi tidak dapat berjalan dengan baik.

Kegiatan Produksi adalah kegiatan yang menghasilkan produk ekonomi, bisa berupa barang atau jasa. Kegiatan produksi mempunyai tujuan untuk mendapatkan untung sebesar – besarnya. Hasil dari kegiatan produksi dapat berupa barang jadi, barang setengah jadi, atau barang mentah.

Kegiatan Distribusi adalah kegiatan ekonomi untuk menyalurkan produk ekonomi pada proses produksi ke pihak yang membutuhkan. Peran dari kegiatan distribusi adalah menyalurkan barang dari yang menyediakan untuk yang membutuhkan. Pelaku dalam kegiatan distribusi adalah memastikan barang produksi dapat sampai kepada yang membutuhkan dengan tepat.

Kegiatan Konsumsi adalah kegiatan menggunakan barang ekonomi yang dihasilkan pada proses produksi. Pelaku dalam kegiatan konsumsi biasanya membutuhkan barang produksi untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Baca Juga: 4 Macam Sistem Ekonomi

Pelaku Kegiatan Ekonomi

Ada tiga kelompok pelaku utama dalam kegiatan ekonomi, sesuai dengan jumlah pada jenis kegiatan ekonomi. Ketiga kelompok pelaku kegiatan ekonomi tersebut adalah produsen, distributor, dan konsumen.

Produsen adalah pihak yang melakukan proses produksi. Pihak produsen bertanggung jawab menyediakan kebutuhan barang produksi yang dibutuhkan konsumen.

Distributor adalah pihak yang melakukan proses distribusi atau penyaluran barang produksi kepada yang membutuhkan. Selain itu, kegiatan yang dilakukan distributor juga termasuk melakukan pengenalan barang produksi agar dapat menarik minat pembeli.

Konsumen adalah pihak yang menggunakan atau mengkonsumsi barang hasil produksi.

Baca Juga: Pendapatan Nasional (GDP, GNP, NNP, NNI, PI, DI)

Contoh Kegiatan Ekonomi di Masyarakat

Kegiatan ekonomi masyarakat daerah kota dan masyarakat desa akan menghasilkan barang produksi yang berbeda. Begitu juga untuk kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat di daerah pegunungan dan masyarakat daerah pesisir atau pantai.

Masyarakat kota melakukan kegiatan produksi yang tidak dapat dihasilkan masyarakat desa dalam memenuhi kebutuhan hidup. Sebaliknya, masyarakat desa juga menghasilkan barang produksi yang tidak dapat dihasilkan oleh masyarakat kota dalam memenuhi kebutuhan hidup. Sehingga terjadilah hubungan saling membutuhkan antara satu pihak dengan pihak lain.

Kondisi yang sama juga terjadi pada wilayah lain seperti wilayah pegunungan, pesisir pantai, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah contoh kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat

  1. Kegiatan jual – beli di pasar
  2. Transaksi jual – beli di swalayan
  3. Penjualan dan pembelian barang secara online
  4. Penyediaan jasa asuransi dan membeli jasa asuransi

Seiring dengan majunya teknologi, contoh kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat pun akan ikut berubah. Misalnya pada contoh kegiatan ekonomi pada nomor 3 yaitu penjualan dan pembelian barang secara online. Kegiatan ekonomi ini tidak dilakukan sebelumnya, namun muncul sejalan dengan adanya perkembangan teknologi, adanya toko online, dan teknologi keuangan digital yang semakin tumbuh dan berkembang dengan baik.

Sekian ulasan terkait materi kegiatan ekonomi yang meliputi pengertian kegiatan ekonomi, tujuan kegiatan ekonomi, pelaku kegiatan ekonomi,  jenis kegiatan ekonomi, dan contoh kegiatan ekonomi di masyarakat. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi