Tokoh Bangsa Eropa yang Berhasil Mencapai Indonesia/Nusantara

Beberapa tokoh Bangsa Eropa berhasil mencapai Indonesia/Nusantara pada masa-masa penjelajahan samudera. Empat tokoh Bangsa Eropa yang berhasil mencapai Indonesia adalah Alfonso D’Albuquerque (Protugis), Ferdinand Magelhans dan Sebastian de Elcano (Spanyol), Francis Drake dan Thomas Cavendish (Inggris), serta Cornelis de Houtman (Belanda). Keempat tokoh Bangsa Eropa tesebut sampai di Nusantara dengan cara, tempat, dan waktu yang berbeda. Namun, salah satu tujuan utama tokoh-tokoh Bangsa Eropa ke Nusantara adalah sama yaitu mencari tampat penghasil rempah-rempah.

Bagaimana perjalanan dari tokoh Bangsa Eropa yang berhasil mencapai Indonesia? Di mana saja tempat awal masuk Nusantara/Indonesia dari Bangsa Eropa? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Sebutkan 4 Tokoh Bangsa Eropa yang Berhasil Mencapai Nusantara

Table of Contents

Baca Juga: Zaman Penjelajahan Samudera

1) Alfonso D’Albuquerque [Bangsa Portugis]

Protugis dikenal sebagai negara pelopor penjelajahan samudera. Pelayaean penjelajahan samudera yang dilakukan oleh Portugis dilakukan oleh Bartholomeus Diaz bersama rombongan. Namun, pelayaran yang dilakukan oleh Bartholomeus Diaz tidak berhasill mencapai Nusantara. Tokoh Bangsa Eropa yang berhasil mencapai Indonesia dari Bangsa Portugis adalah Alfonso D’Albuquerque.

Bartholomeus Diaz melakukan penjelajahan samudera untuk pertama kali dan hanya sampai di Tanjung Harapan. Pelayaran yang dilakukan oleh Bartholomeus Diaz membuka jalan bagi pelayaran-pelayaran berikutnya.

Bangsa Portugis melanjutkan pelayaran yang dilakukan oleh Bartholomeus Diaz di bawah pimpinan Vasco da Gama. Pelayaran Bangsa Portugis kali ini berhasil mencapai Kalikut, India. Awalnya, Portugis menetap lama di kawasan ini karena terdapat banyak rempah-rempah yang menjadi salah satu tujuan dilakukannya pelayaran.

Selanjutnya, Bangsa Portugis kemudian menyadari bahwa ada tempat lain penghasil rempah-rempah sehingga melanjutkan pelayaran. Pelayaran oleh Bangsa Portugis kemudian dilanjutkan ke arah Timur di bawah pimpinan Alfonoso de Albuquerque. Dari pelayaran yang dilakukan ini, Bangsa Portugis berhasil mencapai Nusantara melalui Selat Malaka (Sumatera) yang berikutnya dilanjutkan ke berbagai wilayah Nusantara lainnya.

2) Ferdinand Magelhans dan Sebastian de Elcano [Bangsa Spanyol]

Bangsa Eropa yang juga melakukan pelayaran penjelajahan samudera adalah Spanyol. Ekspedisi pertama yang dilakukan Spanyol dilakukan oleh Christopher Colombus namun hanya sampai di Haiti, Kepulauan Karibia. Sedangkan tokoh pelayaran dari Spanyol yang berhasil mencapai Nusantara adalah Ferdinan Maghellans dan Juan Sebastian de Elcano.

Awalnya, pelayaran kedua Bangsa Spanyol dilakukan oleh Ferdinan Maghellans sebagai pimpinan pelayaran dan turut serta Juan Sebastian de Elcano bersama kru lainnya. Jalur pelayaran yang ditempuh Spanyol ke arah barat melalui Samudera Atlantik seperti yang dilalui Christopher Colombus sebelumnya. Namun, romobongan tersebut berbelok ke arah barat daya ketika akan ke Kepulauan Karibia.

Setelah melalui Samudera Pasifik, romobongan pelayaran Ferdinan Maghellans dan Juan  Sebastian de Elcano sampai di Filipina. Rombongan ini mendapat perlawanan dari suku setempat dan Ferdinan Maghellans meninggal di sini. Perjalanan rombongan ini selanjutnya dipimpin oleh Juan Sebastian de Elcano dan berhasil mencapai Maluku, Nusantara. Dengan kata lain, tokoh Bangsa Eropa yang berhasil mencapai Indonesia dari Spanyol adalah Sebastian de Elcano.

Rombongan peayaran ini kemudian kembali ke Spanyol melalui Tanjung Harapan. Dengan kata lain, pelayaran yang dilakukan oleh Ferdinan Maghellans dan Juan Sebastian de Elcano telah mengelilingi dunia. Di mana rombongan ini berangkat menuju barat dan kembali dari arah timur.

Baca Juga: Teori Masuknya Agama Islam di Indonesia

3) Francis Drake dan Thomas Cavendish [Inggris]

Awalnya, kebutuhan rempah-rempah Bangsa Inggris dipenuhi dari Lisabon/Lisboa, Portugis. Konflik antara Inggris dan Portugis mendorong Bangsa Inggris untuk melakukan penjelajahan samudera untuk menemukan kebutuhan akan rempah-rempah. Pelopor penjelajahan Samudera dari Inggris adalah Francis Drake dan Thomas Cavendish.

Francis Drake dan Thomas Cavendish adalah tokoh Bangsa Eropa yang berhasil mencapai Indonesia melalui Ternate (Maluku) menggunakan jalur Maghellans (rute Barat). Kedua tokoh pelayaran tersebut tidak melakukan pelayaran bersama, namun melakukan pelayaran pada tahun yang berbeda. Francis Drake berhasil memborong rempah-rempah dari Ternate dan membawanya kembali ke Inggris melalui Selat Hindia.

Pengalaman dari kedua tokoh tersebut membuat Ratu Elizabeth I berkeinginan untuk meningkatkan pelayaran internasional. Selanjutnya dikirimkanlah ekspedisi lain dan sesampainya di India mendirikan kongsi dagang dengan nama East Indian Company (EIC).

Inggrisberusaha meluaskan pengaruhnya ke Nusantara. Sayanganya, Inggris tidak dapat memberikan banyak pengaruh di Nusantara karena mendapat desakan dari Belanda. Sehingga Inggris menyingkir ke India/ Asia Selatan dan Asia Timur.

4) Cornelis de Houtman [Belanda]

Tokoh Bangsa Eropa yang berhasil mencapai Indonesia berikutnya adalah Cornelis de Houtman dari Belanda. Pelayaran yang dilakukan oleh Cornelis de Houtman bersama rombongan melalui jalur timur menyesuri pantai barat Afrika hingga ke Tanjung Harapan. Jalur pelayaran Belanda selanjutnya menuju Nusantara melalui Pelabuhan Banten.

Romobongan pelayaran yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman berhasil membawa rempah-rempah yang cukup memberikan keuntungan. Langkah yang dilakukan Belanda berikutnya adalah menderikan perserikatan dagang yang namanya cukup dikenang sampai sekarang yaitu Verenigde Oost-Indische Compagnie (VOC).

Perserikatan dagang Belanda VOC cukup lama menguasai perdagangan di Nusantara sampai dinyatakan bubar pada 31 Desember 1799 karena beberapa faktor.

Ringkasan Tokoh Bangsa Eropa yang Berhasil Mencapai Indonesia

Tabel ringkasan tokoh Bangsa Eropa yang berhasil mencapai Indonesia beserta tempat awal masuk sesuai dengan data-data berikut.

Tokoh Bangsa Eropa yang Berhasil Mencapai Indonesia

Demikianlah tadi ulasan tokoh Bangsa Eropa yang berhasil mencapai Indonesia. Terima kasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: 8 Bukti Bahwa Bentuk Bumi Bulat

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.