Besaran Pokok dan Besaran Turunan

By | July 4, 2018

Besaran Pokok dan Besaran Satuan – Setiap benda diukur dengan satuan yang berbeda-beda. Misalnya air yang diukur dalam satuan liter (l), massa yang dinyatakan dalam satuan kilogram (kg), waktu yang dinyatakan dalam satuan sekon, kecepatan yang dinyatakan dalam meter per sekon (m/s), dan masih banyak lagi satuan ukuran lainnya.

Satuan dan besaran digunakan untuk menyeragamkan jenis ukuran. Jika tidak ada satuan dan besaran dapat menimbulkan berbagai kesalahpahaman. Misalnya sata satuan panjang yang diukur dalam jengkal. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap orang mempunyai ukuran jengkal yang berbeda-beda. Oleh karena itu, dibuatlah satuan dan besaran yang baku untuk mengurangi kesalahpahaman dalam hal pengukuran.

timbangan

Dalam penelitian, adanya penyeragaman satuan dan besaran menjadi hal yang sangat penting. Adanya keseragaman satuan dan besaran akan menghilangkan kesalahpahaman perhitungan antara ilmuan di suatu negara dengan negara lainnya. Pentingnya satuan dan besaran ini membuat peneliti untuk menyepakati sebuah satandar pengukuran besaran dan satuan dalam sistem SI (Standar Internaional).

Apakah saja besaran dan satuan yang ada dalam kesapakan SI? Akan idschool ulas lebih jauh melalui halaman ini. Sebelum mengulas satuan dan besaran akan dijelaskan terlebih dahulu pengantar tentang besaran pokok dan besaran satuan. Keduanya merupakan dasar dalam sistem satuan.

 

Apa yang Dimaksud Besaran Pokok dan Besaran Satuan?

Dalam fisikia, satuan besaran dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu besaran pokok dan besaran satuan. Pengelompokan besaran satuan ini didasarkan pada satuan penyusunnya.

Pengertian besaran pokok:

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah ditentukan dan tetapkan telebih dahulu. Besaran pokok dipandang sebagai besaran yang berdiri sendiri, tanpa adanya turunan dari besaran-besaran lainnya.

Pengertian besaran turunan:

Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diambil atau diturunkan dari besaran pokok. Dengan kata lain, besaran turunan dapat dikatakan sebagai komposisi dari beberapa besaran pokok.

Sudah jelaskan perbedaannya? Selanjutnya kenali lebih jauh tentang satuan-satuan yang termasuk dalam besaran pokok dan besaran turunan pada ulasan materi di bawah.

 

Besaran Pokok

Pengertian besaran pokok telah disebutkan pada pembahasan sebelumnya. Intinya, besaran pokok adalah kumpulan satuan-satuan awal yang telah disepakati sebagai satuan dasar dalam satuan internasional. Sebagai satuan dasar, satuan pada besaran pokok hanya terdiri atas satu satuan. Misalnnya satuan panjang yang dinyatakan dalam meter. Jumlah besaran pokok yang disepakati ada tujuh satuan.

Berikut ini adalah tabel macam-macam satuan yang termasuk dalam besaran pokok.

Besaran Pokok

Berikutnya, akan diulas tentang besaran selanjutnya, yaitu besaran turunan.

 

Besaran Turuanan

Pada bagian awal juga telah diberikan pengertian besaran turunan. Lain halnya dengan satuan pada besaran pokok, satuan-satuan pada besaran turunan merupakan komposisi dari beberapa satuan pada besaran pada besaran pokok. Misalnya, besaran turunan untuk satuan kecepatan, dinyatakan dalam m/s. Untuk mendapatkan satuan kecepatan, berkaitan dengan rumus kecepatan. Perhatikan contoh cara mendapatkan salah satu satuan pada besaran turunan berikut.

    \[ \textrm{Kecepatan} = \frac{\textrm{jarak}}{\textrm{waktu}} \]

Satuan jarak dan waktu merupakan besaran pokok. Seperti yang kita ketahui bahawa, satuan untuk jarak adalah meter (m) dan satuan untuk waktu adalah sekon (s). Sehingga, satuan kecepatan dapat diperoleh

    \[ \textrm{Kecepatan} = \frac{m}{s} \]

Banyaknya besaran pokok disepakati ada 7 (tujuh), namun untuk banyaknya besaran turunan sangat banyak, sehingga tidak ada angka pasti yang dapat mewakili banyaknya jumlah besaran turunan.

Berikut ini adalah tabel daftar beberapa satuan untuk besaran turunan.

Besaran Turunan

Selain ketujuh besaran turunan yang diberikan di atas, terdapat banyak sekali besaran turunan lainnya. Namun jangan khawatir. Melalui halaman ini, idschool akan memberikan tips untuk membedaka satuan yang termasuk besaran pokok dan besaran turunan. Tipsnya dapat disimak seperti berikut ini.

Tips Menghafal Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Satuan yang termasuk dalam besaran pokok terdiri atas tujuh satuan yang telah disebutkan sebelumnya. Yaitu panjang, massa, waktu, suhu, kuat arus, intensitas cahaya, dan jumlah zat. Singkatnya, sobat idschool hanya perlu menghafal ketujuh besaran pokok yang telah disebutkan di atas. Atau dengan kata lain, selain ketujuh besaran pokok tersebut adalah besaran turunan.

Mudah Bukan?

Meskipun terlihat sederhana, materi tentang besaran pokok dan besaran turunan sering keluar di Ujian Nasional. Berikut ini adalah contoh soal tentang besaran pokok dan turunan yang keluar dalam ujian nasional.

 

Contoh Soal dan Pembahasan

Besaran pokok menurut SI dengan alat ukur yang benar adalah ….

A.       waktu – stopwach
B.       panjang – neraca
C.       massa – mistar
D.       suhu – kelvin

Pembahasan:

Alat untuk mengukur waktu adalah stopwach, alat untuk mengukur panjang adalah mistar (bukan neraca), alat untuk mengukur massa adalah neraca (bukan mistar/penggaris), dan alat untuk mengukur suhu adalah termometer (kelvin adalah satuan untuk suhu).

Jadi, besaran pokok menurut SI dengan alat ukur yang benar adalah waktu – stopwach.

Jawaban: A

Sekian, ulasan tentang besaran pokok dan besaran turunan beserta contoh soal dan pembahasannya. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Rumus pada Medan Listrik dan Hukum Coulomb