Cara Menghitung Harga Sebelum Diskon

By | March 21, 2019

Cara Menghitung Harga Sebelum Diskon adalah bahasan yang mengulas cara menentukan harga jual sebelum dipotong diskon. Permasalahan cara menghitung harga sebelum diskon merupakan soal variasi yang masuk dalam bahasan aritmatika sosial. Materi yang dibahas biasanya meliputi menentukan besar diskon, menentukan harga setelah diskon, dan cara menghitung harga sebelum diskon.

Harga sebelum diskon sama dengan harga asli, yaitu harga barang sebelum dipotong atau dikurangi oleh besar diskon yang diberikan. Diskon sendiri menjadi daya tarik untuk pembeli. Dengan adanya diskon, pembeli akan mendapatkan potongan harga sesuai dengan persentase diskon yang diberikan pembeli. Besarnya diskon dipengaruhi oleh besarnya persentase diskon dan harga barang. Cara menghitung harga sebelum diskon dapat secara gampang diperoleh melalui sebuah rumus.

cara menghitung besar diskon
Diskon

Melalui halaman ini, sobat idschool dapat mempelajari rumus menentukan menghitung harga sebelum diskon. Simak ulasan mengenai cara menghitung harga sebelum diskon pada bahasan berikut yang akan didahului dengan cara menentukan besar diskon dan cara menentukan harga setelah diskon.

Menentukan Besar Diskon

Menentukan besar diskon akan mengawali bahasan cara menghitung harga sebelum diskon. Sobat idschool perlu memahami cara menentukan besar diskon terlebih dahulu sebelum masuk ke variasi bahasan soal lain. Dari rumus dasar menentukan besar diskon inilah, nantinya sobat idschool dapat menentukan rumus lain seperti cara menghitung harga setelah diskon dan cara menghitung harga sebelum diskon.

Rumus menentukan besar yang akan diperoleh dengan persentase (p%) dari harga barang yang dinyatakan melalui persamaan.

Rumus Besar Diskon
Besar Diskon

Keterangan: p adalah persentase diskon yang diberikan.

Sedangkan untuk menentukan persentase diskon yang diperoleh, persamaan yang digunakan adalah sebagai berikut.

Rumus Persentase Diskon
Persentase Diskon

Contoh 1: menentukan besar diskon

Di sebuah toko sedang memberikan diskon untuk semua produk yang dijual di tokonya. Ibu membeli barang keperluan sehari – hari dan seluruh belanjaan yang diambil ibu mencapai Rp250.000,00. Harga yang harus dibayar ibu setelah toko memberi diskon adalah Rp225.000,00. Besar persentase diskon yang diberikan toko tersebut adalah ….

A.       5%

B.       10%

C.       15%

D.       20%

Pembahasan:

Besar Diskon yang diberikan oleh toko adalah

= 250.000 – 225.000 = 25.000

Persentase diskon yang diberikan toko tersebut adalah

    \[ \% Diskon = \frac{25.000}{250.000} \times 100 \% \]

    \[ \% Diskon = 10 \% \]

Jadi, besar persentase diskon yang diberikan toko tersebut adalah 10%.

Jawaban: B

Baca Juga: Rumus Menghitung Bruto Netto Tara

Harga Setelah Diskon

Harga setelah diskon adalah harga barang setelah mendapat potongan sebesar diskon yang diberikan. Dengan mendapat diskon, pembeli otomatis akan mendapat barang dengan harga barang yang ditawarkan. Sobat idschool dapat menghitung harga setelah diskon dengan dua cara.

Cara pertama adalah melakukan perhitungan besar diskon yang diberikan terlebih dahulu menggunakan persamaan besar diskon yang telah diberikan di atas. Kemudian, sobat idschool dapat menentukan harga setelah diskon dengan cara mengurangi harga barang dengan besar diskon yang diberikan.

Cara kedua adalah menggunakan rumus cara menghitung harga setelah diskon. Cara ini akan menyingkat waktu sobat idschool dalam menghitung karena hanya memerlukan satu kali proses perhitungan.

Rumus untuk menentukan harga setelah diskon dapat diperoleh melalui persamaan di bawah.

Rumus Harga Setelah Diskon
Harga Setelah Diskon

Keterangan: p adalah persentase diskon yang diberikan.

Baik cara pertama atau cara kedua akan menghasilkan perhitungan akhir yang sama. Sobat idschool dapat memilih salah satu dari cara yang diberikan di atas. Penggunaan rumus menentukan harga setelah diskon dapat dilihat pada contoh soal menghitung harga setelah diskon berikut.

Contoh 2: menghitung harga setelah diskon

Toko Murah sedang melakukan promo dengan memberikan diskon sebesar 8% dari seluruh total pembelian yang diambil. Seorang pembeli di Toko Murah mengambil berbagai jenis barang dengan jumlah harga barang senilai Rp360.000,00. Besar harga setelah diskon yang harus dibayar pembeli tersebut adalah ….

A.       Rp28.800,00

B.       Rp280.800,00

C.       Rp301.300,00

D.       Rp331.200,00

Pembahasan:

Harga yang harus dibayar pembeli tersebut adalah

    \[  \textrm{Harga Setelah Diskon} = \frac{100 - p}{100} \times \textrm{Harga Barang} \]

    \[  \textrm{Harga Setelah Diskon} = \frac{100 - 8}{100} \times 360.000 \]

    \[  \textrm{Harga Setelah Diskon} = 331.200 \]

Jawaban: D

Baca Juga: Rumus Mencari Bunga dalam Matematika

Harga Sebelum Diskon

Masuk ke bahasan inti, yaitu cara menghitung harga sebelum diskon. Harga sebelum diskon sendiri merupakan harga barang asli sebelum mendapat potongan dari besar diskon yang diberikan. Bahasan untuk menentukan harga sebelum diskon merupakan variasi soal dari aritmatika sosial tentang diskon. Variasi soal ini cukup sering menjadi pertanyaan pada soal maupun dalam latihan soal di kelas.

Biasanya, soal yang diberikan dengan pertanyaan harga sebelum diskon memuat dua informasi utama. Kedua informasi tersebut adalah besar persentase diskon dan harga barang setelah diskon.

Selanjutnya, sobat idschool hanya perlu menggunakan rumus cara menghitung harga sebelum diskon untuk menentukan harga sebelum diskon atau harga asli barang tersebut. Cara menghitung harga sebelum diskon dapat dilakukan melalui persamaan yang diberikan melalui rumus berikut.

Cara Menghitung Harga Sebelum Diskon
Cara Menghitung Harga Sebelum Diskon

Keterangan: p adalah persentase diskon yang diberikan.

Untuk membantu sobat idschool dalam memahami penerapan rumus cara menghitung harga sebelum diskon, akan diberikan contoh soal dan proses pengerjaannya.

Contoh 3: menghitung harga sebelum diskon

Andi membeli sepatu dengan keterangan memiliki diskon 20%. Harga yang harus dibayar oleh Andi adalah Rp128.000,00. Harga asli dari sepatu yang dibeli Andi adalah ….

A.       Rp106.000,00

B.       Rp126.000,00

C.       Rp160.000,00

D.       Rp166.000,00

Pembahasan:

    \[ \textrm{Harga Asli} = \frac{100}{100 - p} \times \textrm{Harga Diskon} \]

    \[ \textrm{Harga Asli} = \frac{100}{100 - 20} \times 128.000 \]

    \[ \textrm{Harga Asli} = \frac{100}{80} \times 128.000 \]

    \[ \textrm{Harga Asli} = \frac{12.800.000}{80} \]

    \[ \textrm{Harga Asli} = 160.000 \]

Jadi, harga sepatu yang dibeli Andi sebelum diskon adalah Rp160.000,00.

Jawaban: C

Demikianlah ulasan tentang cara menghitung harga sebelum diskon. Meliputi juga bahasan tentang menentukan besar diskon, menghitung harga setelah diskon, dan bahasan terakhir berupa cara menghitung harga sebelum diskon. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Rumus Persentase Untung Rugi