Cara Menaksir Keliling dan Luas Bangun Tidak Beraturan

Bangun datar dapat memiliki bentuk yang beraturan, dan dapat juga memiliki bentuk tidak beraturan. Keliling dan luas pada bangun datar yang memili bentuk beraturan dapat dihitung dengan rumus yang sesuai dengan bentuknya. Sedangkan keliling dan luas bangun tidak beraturan dapat ditaksir dengan pendekatan satuan unit yang ditempati oleh suatu bangun.

Contoh bangun datar beraturan adalah segitiga, persegi, jajargenjang, dan lain sebagainya. Sedangkan bangun datar tidak berturan dapat berbentuk apapun seperti permukaan danau, telapak tangan, penampang daaun, dan lain sebagainya. Pada bangun datar bertaruran, misalnya segitiga, luas dan keliling bangun dapat dihitung dengan rumus luas segitiga dan keliling segitiga. Sedangkan pada bangun datar tidak beraturan tidak memiliki rumus umum yang dapat digunakan untuk menghitung luas dan keliling.

Contoh Bangun Beraturan dan Bangun Tidak Beraturan

Baca Juga: Kesebangunan dan Kekongruenan

Bagaimana cara menaksir luas bangun tidak beraturan? Bagiamana cara menaksir keliling bangun tidak beraturan? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Table of Contents

Cara Menaksir Luas Bangun Tidak Beraturan

Luas bangun tidak beraturan biasanya tidak memiliki bentuk rumus umum yang pasti untuk menghitungnya. Hal ini dikarenakan bangun memiliki bentuk yang sangat beragam beserta. Pada tingkat lanjut, salah satu pendekatan untuk menghitung luas bangun datar tidak beraturan dapat didekati menggunakan integral. Secara sederhana, luas bangun datar yang tidak beraturan dapat ditaksir dengan menghitung luas persegi yang ditempati oleh bangun.

Cara menaksir luas bangun tidak beraturan dapat dilakukan dengan menghitung unit satuan yang membentuk bangun. Perlu diketahuk bahwa, unit satuan yang dihitung dalam penaksiran luas bangun adalah bagian yang ditempati lebih dari setengah (> ½). Contoh cara menaksir luas bangun tidak beraturan ditunjukkan seperti pada cara mencapatkan luas gambar kelinci di bawah.

Cara Menaksir Luas Bangun Tidak Beraturan

Dari hasil perhitungan petak, dapat disimpulkan bahwa luas bangun berbentuk kelinci tersebut adalah 30 unit satuan persegi.

Bac Juga: Kumpulan Rumus Keliling dan Luas Bangun Datar

Cara Menaksir Keliling Bangun Tidak Beraturan

Keliling sama dengan jumlah panjang sisi yang membentuk suatu bangun. Konsep menghitung keliling pada bangun dengan bentuk tidak berturan sama dengan perhitunggan kelililng bangunan dengan bentuk beraturan. Misalnya bagun berbentuk segitiga, keliling bangun tersebut sama dengan jumlah dari ketiga sisinya. Pada bangun tidak berturan, keliling sama dengan selurug panjang bagian tepi bangun.

Cara menaksir keliling bangun tidak beraturan dilakukan dengan menghitung banyaknya bagian petak yang langsung berhubungan dengan bagian luar. Sebagai contoh, perhatikan bagaimana cara menaksir keliling bangun tidak beraturan pada cara berikut.

Cara Menaksir Keliling Bangun Tidak Beraturan

Jadi, keliling bangun yang tidak beraturan tersebut adalah 19 unit satuan. Jika bentuk bangun sangat tidak beraturan maka cara menaksir keliling bangun dapat dilakukan dengan bantuan benang. Caranya adalah dengan meletakkan benang pada bagian tepi sehingga meliputi semua bagian-bagiannya. Selanjutnya adalah mengukur panjang benang untuk mengitari bangun, panjang benang tersebut sama dengan keliling bangun.

Contoh Cara Menaksir Keliling Bangun Tidak Beraturan

Baca Juga: Rumus Volume dan Luas Permukaan Limas

Contoh Soal dan Pembahasan

Beberapa contoh soal di bawah dapat sobat idshool gunakan untuk menambah pemahaman bahasan keliling dan luas bangun tidak beraturan. Setiap contoh soal yang diberikan dilengkapi dengan pembahasan cara menghitung keliling dan luas bangun tidak beraturan. Sobat idschool dapat menggunakan pembahasan tersebut sebagai tolak ukur keberhasilan mengerjakan soal. Selamat Berlatih!

Contoh 1 – Luas Bangun Tidak Beraturan

Soal Bentuk Bangun Tidak Beraturan

Luas bangun datar tidak beraturan di atas adalah .…
A. 12 satuan
B. 15 satuan
C. 19 satuan
D. 22 satuan

Pembahasan:
Luas bangun dengan bentuk seperti yang diberikan pada soal dapat dihitung dengan menghitung luas unit yang lebih dari setengah. Cara menentukan luas bangun tersebut dapat dilakukan seperti cara berikut.

Cara Menghitung Luas Bangun Tidak Beraturan

Jadi, luas bangun datar tidak beraturan di atas adalah 12 satuan.

Jawaban: A

Contoh 2 – Keliling Bangun Tidak Beraturan

Perhatikan gambar di bawah!

Keliling Bangun Tidak Beraturan

Keliling daerah yang diarsir adalah ….
A. 54 cm
B. 68 cm
C. 76 cm
D. 96 cm

Pembahasan:
Keliling daerah seperti pada bangun yang diberikan pada soal sama dengan 2 panjang persegi panjang (30 cm), sebuah lebar persegi panjang (14), dan keliling setengah lingkaran (diameter d = 14 cm).

Menghitung keliling setengah lingkaran:
Klingkaran = 1/2×π×d
Klingkaran = 1/2 × 22/7 × 14
Klingkaran = 22 cm

Menghitung keliling bangun:
K =  2 × 30 + 14 + 22
K =  60 + 14 + 22 = 96 cm

Jadi, keliling daerah yang diarsir adalah 96 cm.

Jawaban: D

Contoh 3 – Keliling Bangun Tidak Beraturan

Contoh Soal Luas dan Keliling Bangun Tidak Beraturan

Pembahasan:
Keliling bangun seperti bentuk pada soal yang diberikan di atas sama dengan jumlah keliling lingkaran dan empat panjang busur lingkaran dengan jari-jari/diameter sama. Di mana setiap panjang busur menghadap sudut 90o (siku-siku). Sehingga, keliling bangun datar yang tidak beraturan tersebut dapat dihitung seperti paca cara berikut.

Menghitung keliling bangun:
K = π × d +  4 × 90/360 × π × d
K = 3,14 × 20 +  4 × 1/4 × 3,14 × 20
K = 62,8 +  62,8 = 125,6 cm

Jadi, keliling daerah yang diarsir pada gambar berikut adalah 125,6 cm.

Jawaban: D

Contoh 4 – Keliling Bangun Tidak Beraturan

Perhatikan gambar di bawah ini!

Soal Keliling Bangun Tidak Beraturan

Keliling daerah yang diarsir pada gambar di atas adalah ….
A. 87
B. 84
C. 75
D. 54

Pembahasan:
Keliling bangun seperti yang diberikan pada soal sama dengan jumah keliling setengah ligkaran, dua kali keliling seperempat lingkaran, dan dua kali panjang jari-jari lingkaran. Di mana, panjang diameter lingkaran sama dengan panjang sisi persegi yaitu d = 21 cm (jari-jari r = 10,5 cm).

Menghitung 1/2 keliling lingkaran:
K½lingkaran =  1/2 × π × d
=  1/2 × 22/7 × 21
=  33 cm

Menghitung ¼ keliling lingkaran:
K¼lingkaran =  ¼ × π × d
=  ¼ × 22/7 × 21
=  16,5 cm

Menghitung keliling bangun:

Contoh Cara Menghitung Keliling Bangun Tidak Beraturan

Jadi, keliling bangun tidak beraturan tersebut sama dengan 87 cm.

Jawaban: A

Demikianlah tadi ulasan cara menaksir luas dan keliling bangun tidak beraturan. Terima kasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Rumus Luas Permukaan Kerucut

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.