5 Tahapan pada Daur Hidup Obelia sp

By | January 29, 2020

Obelia sp adalah spesies hewan yang pada umumnya hidup di laut, namun beberapa juga dapat dijumpai di air tawar. Obelia termasuk kingdom Animalia dalam kelas Hydrozoa. Dalam siklus hidup Obelia sp memiliki dua tahapan reproduksi yaitu reproduksi aseksual dan seksual. Tahapan reproduksi Obelia sp secara aseksual terjadi pada saat berbentuk polip. Sedangkan tahapan reproduksi Obelia sp secara seksual terjadi pada saat berbentuk medusa. Menarik bukan? Melalui halaman ini sobat idschool dapat mempelajari bagaimana cara Obelia sp yang memiliki siklus hidup yang cukup menarik ini.

Obelia sp dikelompokkan dalam filum Coelenterata. Filum Coelenterata sendiri terdiri dari tiga kelas yaitu Hydrozoa, Scyphozoa, dan Anthozoa. Kelas Hydrozoa adalah kelompok hewan yang memiliki bentuk polip dan medusa. Hewan pada Kelas Scyphozoa memiliki tipe medusa lebih dominan. Sedangkan pada kelas Anthozoa adalah hewan yang hanya memiliki tipe polip saja. Apakah sobat idschool bisa menebak apa kelompok kelas Obelia sp? Yap, Obelia sp termasuk dalam kelas Hydrozoa, kelompok hewan yang memiliki dua bentuk metagenesis yaitu polip medusa dalam daur hidupnya.

Obelia sp

Daur hidup Obelia sp terdengar unik bukan? Bagaimanakan caranya? Melalui halaman ini, sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya. Bahasan yang akan diulas melalui halaman ini meliputi struktur obelia sebagai pengantar, yang kemudian akan diberikan penjelasan daur hidup Obelia sp. Pada bagian akhir juga akan diberikan contoh soal daur Obelia sp yang biasanya cukup sering keluar dalam soal ujian. Jadi, jangan sampai kelewatan untuk menyimak bahasan daur hidup Obelia sp melalui halaman ini sampai akhir.

Struktur Obelia

Obelia masuk dalam filum yang sama dengan ubur – ubur (Aurelia aurita) yaitu filum Coelenterata, sehingga banyak yang mengira bahwa kedua jenis hewan ini sama. Nyatanya, mesti termasuk dalam filum yang sama, namun obelia dan ubur – ubur dikelompokkan dalam kelas yang berbeda. Obelia dikelompokkan dalam kelas Hydrozoa, sedangkan ubur – ubur dikelompokkan dalam kelas Scyphozoa.

Daur hidup ubur – ubur tidak akan dibahas melalui halaman ini. Namun, sobat idschool dapat menyimak daur hidup ubur – ubur melalui halaman daur hidup Aurelia aurita.

Bentuk dari obelia dan ubur – ubur juga dapat dikenali melalui bintik mata. Pada obelias, tidak semua obelia memiliki statosit (bintik mata), namu semua hewan pada kelas scyphozoa (termasuk ubur – ubur) memiliki bintik mata.

Pembeda antara obelia dan ubur – ubur juga dapat dilihat dari daur hidupnya. Pada obelia memiliki dua fase metagenesis yaitu polip dan medusa. Sedangkan pada ubur – ubur hanya memiliki fase medusa saja. Seperti yang disebutkan bahwa Obelia sp memiliki dua bentuk yaitu polip dan medusa, namun pada daur hidup Obelia sp bentuk polip Obelia sp lebih dominan.

Struktur Tubuh Obelia sp

Itulah tadi penjelasan pengantar dan struktur Obelia sp. Berikutnya akan masuk dalam penjelasan daur hidup Obelia sp seperti yang diberikan pada penjelasan di bawah.

Baca Juga: Daur Hidup Fasciola hepatica

Penjelasan Daur Hidup Obelia sp

Bagan sederhana daur hidup Obelia sp diberikan seperti gambar berikut.

Daur Hidup Obelia sp

Daur hidup Obelia sp terdiri dari reproduksi aseksual dan reproduksi seksual. Tahapan reproduksi aseksual pada Obelia sp terjadi pada bentuk polip. Sedangkan reproduksi seksual Obelia sp terjadi pada bentuk medusa.

Tahapan daur hidup Obelia sp diawali dengan polip dari obelia yang menempel di dasar laut (kondisi saat obelia tidak bisa berenang). Bentuk polip koloni pada Obelia sp terdiri dari dua jenis yaitu polip untuk mencari makanan (gastrozooid) dan polip untuk reproduksi (gonangium).

Setelah masanya, tunas medusa (polip medusa) lepas dari koloni polip kemudian akan berkembang menjadi medusa. Bentuk Obelia sp saat menjadi medusa memungkinkannya untuk berenang bebas. Pada saat dalam bentuk medusa dewasa, medusa jantan akan melepaskan sperma sedangkan medusa betina akan melepaskan ovum. Pertemuan antara ovum dan sperma akan memungkinkan terjadinya fertilisasi dan akan menghasilkan zigot.

Zigot kemudian akan berkembang menjadi blastula. Dari blastula akan berkembang lagi menjadi larva planula. Hingga pada dari larva planula akan berkembang menjadi polip yang  menempel di dasar laut dan mampu membentuk tunas baru, begitu seterusnya akan masuk dalam daur hidup Obelia sp yang baru.

Kesimpulan urutan daur hidup Obelia sp: Polip → Medusa → Zigot → Blastula → Planula

Baca Juga: Siklus Hidup Taenia sp (Taenia saginata dan Taenia solium)

Untuk menambah pemahaman sobat idschool mengenai daur hidup Obelia sp, simak contoh soal daur hidup Obelia sp beserta dengan pembahasannya berikut.

Contoh Soal Daur Hidup Obelia sp

Contoh 1 – Soal Daur Hidup Obelia sp

Perhatikan gambar daur hidup Obelia sp berikut!

Contoh Soal Daur Hidup Obelia sp

Dalam daur hidup Obelia sp seperti di atas, bagian yang diberi tanda X adalah ….
A. polip
B. planula
C. zigot
D. blastula
E. medusa

Pembahasan:

Bagian yang bertanda X adalah tunas medusa dari polip yang tumbuh menjadi medusa. Jadi, bagian yang diberi tanda X adalah medusa.

Jawaban: E

Baca Juga: Klasifikasi Protista

Contoh 2 – Soal Daur Hidup Obelia sp

Urutan daur hidup Obelia sp yang tepat adalah ….
A. Polip → Medusa → Zigot → Blastula → Planula
B. Polip → Medusa → Blastula → Planula → Zigot
C. Polip → Medusa → Zigot → Planula → Blastula
D. Zigot → Polip → Medusa → Blastula → Planula
E. Medusa → Polip → Blastula → Planula → Zigot

Pembahasan:

Tahapan daur hidup Obelia sp diawali dari polip yang membentuk tunas dan menghasilkan dua jenis polip yaitu polip medusa dan polip . Polip medusa yang berupa tunas akan lepas dan membentuk medusa. Selanjutnya,  dua jenis medusa yang berbeda jenis kelamin akan melepaskan ovum dan sperma yang memungkinkan terjadinya fertilisasi sehingga dapat menghasilkan zigot. Berikutnya, zigot akan tumbuh menjadi blastula dan berkembang lagi menjadi larva planula. Dari larva planula dapat berubah menjadi polip dan masuk dalam daur hidup Obelia sp yang baru.

Jadi, urutan daur hidup Obelia sp yang tepat adalah Polip Medusa Zigot Blastula Planula.

Jawaban: A

Baca Juga: 5 Macam Klasifikasi Makhluk Hidup

Demikianlah tadi ulasan materi mengenai daur hidup Obelia sp yang meliputi struktur tubuh Obelia sp, penjelasan daur hidup Obelia sp, dan contoh soal daur hidup Obelia sp. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Perkembangbiakan Virus (Daur Litik dan Lisogenik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.