Tips Menentukan Simpulan Isi Paragraf

Paragraf adalah kumpulan beberapa kalimat yang memiliki suatu pembahasan. Dalam sebuah paragraf terdapat sebuah kalimat utama yang disertai dengan beberapa kalimat penjelas. Kalimat utama dalam paragraf memuat ide pokok yang menjadi gagasan utama dari topik yang dibicarakan paragraf tersebut. Ide pokok inilah yang dapat berguna untuk mendapatkan simpulan isi paragraf.

Tidak ada banyak perbedaan antara ide pokok paragraf dengan simpulan isi paragraf. Ide pokok dibuat sebelum mengembangkan suatu bacaan. Sementara simpulan isi paragraf dibuat setelah bacaan selesai dibuat.

Antara ide pokok dan simpulan isi paragraf memiliki kedekatan. Keduanya mewakili bahasan pada suatu paragraf dalam garis besarnya. Bahkan dapat dikatakan bahwa antara ide pokok paragraf dan simpulan isi paragraf memiliki kemiripan yang hampir sama.

Bagaimana cara mendapatkan simpulan isi paragraf? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Table of Contents

Baca Juga: 3 Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Ide Pokok Paragraf

Ide Pokok Paragraf

Suatu bacaan dibangun dari ide pokok yang dikembangkan dalam bentuk kalimat-kalimat sehingga diperoleh paragraf yang padu. Sehingga dapat dikatakan bahwa ide pokok berfungsi sebagai landasan untuk membangun paragraf.

Pengembangan ide menjadi bacaan juga perlu mempertimbangkan kerangka karangan yang telah dibuat sebelumnya. Tujuannya agar bacaan yang dikembangkan berada dalam batas-batas pembahasan.

Beberapa soal pertanyaan sering menanyakan ide pokok bacaan. Maksud dari pertanyaan tersebut adalah untuk menguji kemampuan dalam mengenali apa gagasan utama atau ide pokok dari sebuah bacaan.

Ide pokok dalam sebuah bacaan dapat ditandai melalui kata yang selalu diulang. Isi dari ide pokok dalam kalimat utama selalu menjadi pembahasan yang diterangkan melalui beberapa kalimat penjelas. Kalimat penjelas selalu memberikan keterangan yang mendukung pernyataan pada kalimat utama.

Ciri-ciri ide pokok: memiliki kalimat pendukung/penjelas, menjadi pusat pembahasan, bisa berdiri sendiri (dapat dipahami meskipun tanpa kalimat penjelas). Letak ide pokok dapat berada di awal paragraf (deduktif), akhir paragraf (induktif), serta di awal dan akhir paragraf (deduktif-induktif).

Baca Juga: Cara Cepat Menentukan Ide Pokok Suatu Bacaan

Simpulan Isi Paragraf

Simpulan isi paragraf sangat memiliki kedekatan dengan ide pokok bacaan. Seperti pada ide pokok, simpulan dari suatu paragraf diperoleh dengan mengamati apa bahasan dalam paragraf secara garis besar. Jika ide pokok dibuat pada awal merangkai bacaan, simpulan isi paragraf didapat setelah mendapat/membaca bacaan yang sudah jadi.

Peran ide pokok untuk mendapatkan simpulan isi paragraf adalah sebagai gambaran untuk mendapatkan simpulan isi paragraf. Beberapa tips berikut dapat digunakan untuk menentukan simpulan paragraf:

  • Baca paragraf dengan cermat, bisa lakukan berulang jika tidak paham maksudnya
  • Pahami dan telaah lah paragraf tersebut
  • Temuksn ide pokok atau gagasan pokok yang ada di paragraf tersebut.
  • Susunlah gagasan pokok tersebut

Sebagai gambaran, perhatikan contoh bagaimana cara menentukan simpulan isi paragraf berikut.

Contoh Cara Menentukan Simpulan Isi Paragraf

Bacaan yang diberikan di atas memiliki kalimat utama yang terletak di awal paragraf: Berbagai riset menunjukkan bahwa perilaku remaja kini lebih tinggi tingkat setresnya. Kalimat utama tersebut didukung melalui beberapa kalimat penjelas setelahnya yang menerangkan mengapa kondisi tersebut terjadi. Jadi ide pokok dari teks yang diberikan adalah perilaku remaja kini yang kurang baik (tingkat stres tinggi).

Beberapa kalimat penjelas setelahnya meliputi:

  • Michael Crichton (2001) mengemukakan bahwa kehidupan remaja sekarang lebih rumit dan bergejolak akibat kemajuan teknologi informasi.
  • Sejak kecil mereka sudah mengandalkan gawai dalam kehidupan sehari-hari.
  • Pemakaian peralatan elektronik tersebut, langsung ataupun tidak langsung, berdampak terhadap perilaku remaja yang menampilkan ciri-ciri lebih narsistik, paranoid, bahkan anarkhis.
  • Mereka cenderung tidur larut malam, diliputi rasa cemas dengan urusan penampilan fisik, tuntutan sekolah, termasuk beban harapan keluarga dan masyarakat.

Dari beberapa kalimat penjelas dapat diperoleh informasi bahwa penyebab perilaku remaja saat ini dipengaruhi kemajuan teknologi informasi dan pemakaian alat elektronik. Di mana gawai sangat melekat dengan kehidupan sehari-hari.

Sehingga dapat diperoleh simpulan yang tepat untuk isi paragraf tersebut: Perilaku remaja saat ini sangat dipengaruhi oleh pemakaian alat elektronik yang berdampak kurang baik.

Baca Juga: Jenis-Jenis Teks pada Bacaan Bahasa Indonesia

Contoh Soal dan Pembahasan

Beberapa contoh soal di bawah dapat sobat idschool gunakan untuk menambah pemahaman bahasan di atas. Setiap contoh soal yang diberikan dilengkapi dengan pembahasannya. Sobat idschool dapat menggunakan pembahasan tersebut sebagai tolak ukur keberhasilan mengerjakan soal. Selamat Berlatih!

Contoh 1 – Simpulan Isi Paragraf

Contoh Soal Simpulan Isi Paragraf

Simpulan isi paragraf tersebut adalah ….
A. Cokelat baik untuk memulihkan rasa stres.
B. Cokelat diteliti oleh mahasiswa kedokteran di University of Miami.
C. Cokelat memiliki peran mencegah pertumbuhan jerawat.
D. Responden mengalami pertumbuhan jerawat yang kian memburuk.

Pembahasan:
Bacaan yang diberikan pada soal membahas tentang manfaat cokelat yang dapat memulihkan rasa stres dan mencegah pertumbuhan jerawat. Pernyataan tersebut diterangkan pada kalimat utama paragraf tersebut yang terdapat pada kalimat pertama.

Beberapa kalimat berikutnya merupakan kalimat penjelas yang lebih menekankan pada manfaat cokelat untuk mencegah pertumbuhan jerawat.

Jadi, simpulan isi paragraf tersebut adalah Cokelat memiliki peran untuk mencegah pertumbuhan jerawat yang kian memburuk.

Jawaban: C

Contoh 2 – Simpulan Isi Paragraf

Simpulan Isi Paragraf

Pembahasan:
Kalimat utama dari bacaan teks yang diberikan terletak pada bagian akhir: Permainan memilki banyak manfaat bagi anak dalam usia perkembangan.

Kalimat penjelas yang diberikan menerangkan bahwa bermain bagi anak adalah aktivitas yang menyenangkan. Selain itu, permainan dapat digunakan untuk melatih otak dan menangani emosi. Cara ini diibaratkan seperti otot yang dapat terbentuk melalui latihan.  

Jadi, simpulan isi paragraf tersebut adalah Permainan dapat mempengaruhi kondisi emosional anak.

Jawaban: C

Contoh 3 – Simpulan Isi Paragraf

Cermatilah paragraf berikut ini!
Sebuah riset dilakukan untuk meneliti 949 kasus infeksi dari serangga yang tahan obat bernama bakteri gram-negatif dari tahun 1998 hingga 2011. Hasilnya menunjukkan bahwa satu hari menginap di rumah sakit menimbulkan resiko terkena infeksi kebal obat sebesar 1%. Penggunaan obat dan antibiotik yang tidak raasional membuat serangga itu terbiasa terhadap semua obat itu. Mereka bermutasi sehingga obat itu jadi tidak efektif untuk melawan penyakit. Pasien yang dirawat lama di rumah sakit rawan terkena infeksi bakteri yang telah kebal terhadap obat.

Soal Simpulan Isi Paragraf

Pembahasan:
Kalimat utama pada bacaan yang diberikan terdapat dibagian akhir paragrgaf: Pasien yang dirawat lama di rumah sakit rawan terkena infeksi bakteri yang telah kebal terhadap obat. Pernyataan tersebut dijelaskan melalui beberapa kalimat penjelas sebelumnya melalui hasil penelitian dan bukti hasilnya.

Bacaan menerangkan hubungan antara lama seseorang dirawat di rumah sakit dengan kerentanan kebal obat. Jadi, simpulan yang sesuai isi paragraf tersebut adalah: Semakin lama seseorang dirawat di rumah sakit, semakin rentan terkena bakteri yang kebal obat.

Jawaban: B

Demikianlah tadi ulasan simpulan isi paragraf yang dapat diperoleh dengan cara mengetahui pokok bahasan. Terima kasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Unsur Intrinsik Cerpen dan Cara Menentukannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.