Rumus Elastisitas Permintaan dan Penawaran

Elastisitas permintaan dan penwaran dinyatkan sebuah ukuran nilai yang dipengaruhi oleh harga barang dan jumlah permintaan/penawarn. Nilai elastisitas permintaan dan penawaran dapat dihitung melalui rumus koefisien elastisitas permintaan dan penawaran. Di mana nilai elastisitas dapat menunjukkan tingkat kepekaan (perubahan) suatu gejala ekonomi terhadap perubahan gejala ekonomi yang lain.

Bagaimana rumus elastisitas permintaan dan penerimaan yang digunakan untuk mengetahui nilai elastisitas? Bagaimana kriteria elastisitas permintaan dan penawaran berdasarkan nilai elastisitasnya? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui bahasan elastisitas permintaan dan penawaran berikut.

Table of Contents

Baca Juga: Contoh Penggunaan Rumus Koefisien Elastisitas Permintaan dan Penawaran

Ulasan Pengantar Elastisitas Permintaan dan Penawaran

Nilai elastisitas permintaan dan penawaran muncul dalam kegiatan ekonomi karena perilaku konsumen yang berubah oleh tinggi rendahnya harga barang. Di mana perubahan harga barang di pasar akan mempengaruhi banyak permintaan dan penawaran dari barang tersebut.

Besar pengaruh perubahan harga terhadap banyak atau jumlah permintaan/penawaran diukur dalam sebuah nilai yang disebut elsatisitas (pemuluran). Sehingga, nilai elastisitas dapat diartikan sebagai nilai yang menunjukkan seberapa besar pengaruh perubahan harga terhadap jumlah barang yang diminta atau ditawarkan.

Untuk barang dengan harga P dan jumlah barang yang ditawarkan sebanyak Q. Maka perubahan harga barang adalah ΔP dan perubahan jumlah barang yang diminta/ditawarkan pasar adalah ΔQ. Secara umum, besar koefisien elastisitas dapat dihitung melalui persamaan E = (ΔQ : ΔP) * (P : Q). Simbol elastisitas permintaan dan penawaran berturut-turut dinyatakan dengan Ed dan Es.

Rumus Elastisitas Permintaan dan Penawaran

Dari nilai elastisitas dapat digunakan untuk mengetahui kriteria elastisitas yang meliputi elastis, elastis sempurna, uniter, inelastis, dan inelastis sempurna.

Baca Juga: Faktor-Faktor yang Memengaruhi Permintaan

Rumus Elastisitas Permintaan, Kriteria, dan Bentuk Kurva

Elastisitas permintaan (elasticity of demand) adalah derajat kepekaan permintaan suatu barang terhadap perubahan faktor-faktor yang memengaruhinya. Faktor yang memengaruhi banyak permintaan paling umum ditemukan adalah perubahan harga. Besar kecilnya perubahan permintaan barang/jasa karena pengaruh perubahan harga dinyatakan dalam koefisien elastisitas atau angka elastisitas yang disimbolkan E.

Misalkan suatu produk barang/jasa mula-mula memiliki harga P dengan banyak jumlah permintaan Q. Akibat perubahan harga ΔP akan memengaruhi banyak permintaan sehingga terdapat perubahan jumlah permintaam ΔQ. Besar elastisitas permintaan (Ed) dapat dicari tahu melalui rumus koefisien elastisitas permintaan Ed sesuai persamaan di bawah.

Rumus Elastisitas Permintaan

Baca Juga: Cara Menghitung Besar Pertumbuhan Ekonomi

Kriteria Elastisitas Permintaan

Ada 5 kriteria elastisitas permintaan yang meliputi permintaan elastis (Ed > 1), permintaan inelastis (Ed < 1), permintaan uniter/normal (Ed = 1), permintaan elastis sempurna (Ed =∞), dan permintaan inelastis sempurna (Ed = 0),

Kriteria Elastisitas Permintaan

Kurva Elastisitas Permintaan

Bentuk kurva elastisitas permintaan berbeda-beda bergantung dari nilai elastisitas permintaannya. Sehingga, ada lima bentuk kurva elastisitas permintaan seperti yang ditunjukkan pada kelima kurva berikut.

  1. Kurva Permintaan Elastis (Ed > 1)
  1. Kurva Permintaan Inelastis (Ed < 1)
  1. Kurva Permintaan Uniter/Normal (Ed = 1)
  1. Kurva Permintaan Elastis Sempurna (Ed = ~)
  1. Kurva Permintaan Inelastis Sempurna (Ed = 0)

Contoh Penggunaan Rumus Elastisitas Permintaan

Soal:
Pada saat harga Rp4.000,00 jumlah barang yang diminta 30 unit, kemudian harga turun menjadi Rp3.600,00 jumlah barang yang diminta 60 unit. Besar nilai koefisien elastisitasnya adalah ….

Penyelesaian:
Berdasarkan keterangan yang diberikan pada soal dapat diperoleh informasi-informasi seperti berikut.

  • Harga barang mula-mula: P = Rp4.000,00
  • Jumlah permintaan mula-mula: Q = 30 unit
  • Perubahan harga barang: ΔP = Rp4.000,00 – Rp3.600,00 = Rp400,00
  • Perubahan jumlah permintaan: ΔQ = 60 – 30 = 30 unit

Sehingga, elastisitas permintaan dapat dihitung seperti pada cara penyelesaian berikut.

Diperoleh nilai Ed = 10, dengan nilai elastisitas tersebut maka termasuk kedalam permintaan elastisitas (Ed > 1).

Baca Juga: Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

Rumus Elastisitas Penawaran, Kriteria, dan Bentuk Kurva

Elastisitas penawara (elasticity of supply) adalah derajat kepekaan penawaran suatu barang terhadap perubahan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Ukuran yang menunjukkan perbandingan antara perubahan jumlah barang yang ditawarkan dengan perubahan faktor yang memengaruhi adalah koefisien elastisitas penawaran.

Faktor harga sering memberikan pengaruhi besar terhadap banyak jumlah penawaran barang. Misalkan suatu produk barang/jasa mula-mula memiliki harga P dengan banyak jumlah penawaran Q. Akibat perubahan harga ΔP akan memengaruhi banyak penawaran sehingga terdapat perubahan jumlah penawaran ΔQ.

Besar elastisitas penawatan (Ed) dapat dicari tahu melalui rumus koefisien elastisitas penawaran Es pada persamaan di bawah.

Rumus Elastisitas Penawaran

Kriteria Elastisitas Penawaran

Kriteria elastisitas penawaran sama seperti kriteria elastisitas permintaan yang terbagi menjadi 5 kriteria. Kriteria elastisitas penawaran meliputi penawaran elastis (Es > 1), penawaran inelastis (Es < 1), penawaran uniter/normal (Es = 1), penawaran elastis sempurna (Es =∞), dan penawaran inelastis sempurna (Ed =0).

Kriteria Elastisitas Penawaran

Kurva Elastisitas Penawaran

Sama seperti pada kurva elastisitas permintaan, bentuk kurva elastisitas permintaan juga berbeda-beda bergantung dari nilai elastisitas penawarannya (Es). Lima bentuk kurva elastisitas penawaran sesuai dengan kriteria nilai elastisitas penawaran diberikan pada lima gambar berikut.

  1. Kurva penawaran elastis (Es > 1)
  1. Kurva penawaran inelastis (Es < 1)
  1. Kurva penawaran uniter/normal (Es = 1)
  1. Kurva penawaran elastis sempurna (Es = ~)
  1. Kurva penawaran inelastis sempurna (Es = 0)

Contoh Soal Elastisitas Penawaran

Soal:
Pada saat harga Rp500,00 jumlah barang yang ditawarkan 40 unit, kemudian harga turun menjadi Rp300,00 jumlah barang yang ditawarkan 32 unit. Hitunglah besarnya koefisien elastisitas penawarannya!

Penyelesaian:
Berdasarkan keterangan yang diberikan pada soal dapat diperoleh informasi-informasi seperti berikut.

  • Harga barang mula-mula: P = Rp500,00
  • Jumlah penawaran mula-mula: Q = 40 unit
  • Perubahan harga barang: ΔP = Rp500,00 ‒ Rp300,oo = Rp200,00
  • Perubahan penawaran: ΔQ = 40 ‒ 32 = 8 unit

Cara menghitung nilai elastisitas penawaran ditunjukkan seperti cara berikut.

Diperoleh nilai Es = 0,5
Dengan nilai elastisitas tersebut maka termasuk ke dalam penawaran inelastis (Ed < 1).

Sekian ulasan materi elastisitas permintaan dan penawaran yang meliputi rumus, kriteria elastisitas, dan bentuk kurva. Disertai Terim akasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Pendapatan Nasional (GDP, GNP, NNP, NNI, PI, DI)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 thoughts on “Rumus Elastisitas Permintaan dan Penawaran”

  1. diketahui fungsi permintaan suatu barang dipasar qd=200+4p pada kondisi tertentu barang tersebut mengalami penurunan dari 400 unit menjadi 300 unit berdasarkan deskripsi diatas jenis elastisitas permintaan barang tersebut adalah