Rumus Elastisitas Permintaan dan Penawaran

By | May 4, 2019

Rumus Elastisitas Permintaan dan Penawaran adalah persamaan yang dapat digunakan untuk mengetahui nilai elastisitas dari permintaan atau penawaran. Rumus elastisitas dapat digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perubahan harga terhadap jumlah barang. Nilai elastisitas dapat menunjukkan tingkat kepekaan (perubahan) suatu gejala ekonomi terhadap perubahan gejala ekonomi yang lain.

Tinggi rendahnya harga barang akan mempengaruhi perilaku konsumen dalam kegiatan ekonomi. Perubahan harga barang di pasar akan mempengaruhi permintaan dan penawaran suatu barang. Nilai pengaruh perubahan harga terhadap permintaan atau penawaran dinyatakan dalam elsatisitas (pemuluran). Sehingga, nilai elastisitas dapat diartikan sebagai nilai yang menunjukkan  pengaruh perubahan harga terhadap jumlah barang yang diminta atau yang ditawarkan. Nilai elastisitas suatu permintaan atau penawaran dapat diketahui melalui rumus elastisitas permintaan dan penawaran.

Rumus Elastisitas Permintaan dan Penawaran

Elastisitas dapat dikategorikan dalam tiga jenis, yaitu elastisitas harga (price elasticity), elastisitas silang (cross elasticity), dan elastisitas pendapatan (income elasticity). Bagaimana rumus elastisitas permintaan dan penerimaan yang digunakan untuk mengetahui nilai elastisitas permintaan atau elastisitas penawaran? Simak lebih lanjut bahasan rumus elastisitas permintaan dan penawaran berikut.

Elastisitas Permintaan

Elastisitas permintaan (elasticity of demand) adalah pengaruh perubahan harga terhadap besar kecilnya jumlah barang yang diminta atau tingkat kepekaan perubahan jumlah barang yang diminta terhadap perubahan harga barang. Sedangkan besar kecilnya perubahan tersebut dinyatakan dalam koefisien elastisitas atau angka elastisitas yang disingkat E, yang dinyatakan dengan rumus berikut ini.

Rumus Elastisitas Permintaan

Kriteria Elastisitas Permintaan

Ada 5 kriteria elastisitas permintaan yang meliputi permintaan elastis, permintaan inelastis, permintaan uniter (normal), permintaan elastis sempurna, dan permintaan inelastis sempurna.

Kriteria Elastisitas Permintaan

Kurva Elastisitas Permintaan

Kurva Permintaan Elastis

Kurva Permintaan Inelastis

Kurva Permintaan Uniter/Normal

Kurva Permintaan Elastis Sempurna

Kurva Permintaan Inelastis Sempurna

Contoh Soal Elastisitas Permintaan:

Pada saat harga Rp4.000,00 jumlah barang yang diminta 30 unit, kemudian harga turun menjadi Rp3.600,00 jumlah barang yang diminta 60 unit. Besar nilai koefisien elastisitasnya adalah ….

Jawab:

Diketahui:

  • P = Rp4.000,00
  • Q = 30
  • \Delta P = Rp4.000,00 – Rp3.600,00 = Rp400,00
  • \Delta Q = 60 – 30 = 30

Sehingga,

    \[ E_{d} = \frac{30}{400} \times \frac{4.000}{30} \]

    \[ E_{d} = \frac{4.000}{40} = 10 \]

Diperoleh nilai Ed = 10, dengan nilai elastisitas tersebut maka termasuk kedalam permintaan elastisitas (Ed > 1).

Elastisitas Penawaran

Elastisitas penawaran (elasticity of supply) adalah pengaruh perubahan harga terhadap besar kecilnya jumlah barang yang ditawarkan atau tingkat kepekaan perubahan jumlah barang yang ditawarkan terhadap perubahan harga barang. Adapun yang dimaksud koefisien elastisitas penawaran adalah angka yang menunjukkan perbandingan antara perubahan jumlah barang yang ditawarkan dengan perubahan harganya. Besar kecilnya koefisien elastisitas penawaran dapat dihitung dapat dengan rumus sebagai berikut.

Rumus Elastisitas Penawaran

Kriteria Elastisitas Penawaran

Kriteria elastisitas penawaran terbagi menjadi 5 kriteria. Kriteria elastisitas penawaran meliputi penawaran elastis, penawaran inelastis, penawaran uniter (normal), penawaran elastis sempurna, dan penawaran inelastis sempurna.

Kriteria Elastisitas Penawaran

Kurva Elastisitas Penawaran

Kurva penawaran elastis

Kurva penawaran inelastis

Kurva penawaran uniter/normal

Kurva penawaran elastis sempurna

Kurva penawaran inelastis sempurna

Contoh Soal Elastisitas Penawaran

Pada saat harga Rp500,00 jumlah barang yang ditawarkan 40 unit, kemudian harga turun menjadi Rp300,00 jumlah barang yang ditawarkan 32 unit. Hitunglah besarnya koefisien elastisitas penawarannya!Jawab:

    \[ E_{s} = \frac{8}{200} \times \frac{500}{40} \]

    \[ E_{s} = \frac{4.000}{8.000} \]

    \[ E_{s} = \frac{1}{2} = 0,5 (inelastis) \]

Diperoleh nilai Es = 0,5. Dengan nilai elastisitas tersebut maka termasuk ke dalam penawaran inelastis (Ed < 1).

Sekian ulasan materi rumus elastisitas permintaan dan penawaran. Meliputi juga kriteria elastisitas permintaan, kriteria elastisitas penawaran, kurva elastisitas permintaan, kurva elastisitas penawaran, contoh soal elastisitas permintaan, dan contoh soal elastisitas penawaran. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!