Cara Membaca Mikrometer Sekrup

By | January 30, 2018

Cara Membaca Mikrometer Sekrup adalah menentuan ukuran suatu benda menggunakan alat ukur mikrometer sekrup. Mikrometer sekrup dapat digunakan untuk mengukur benda sampai tingkat ketelitian 0,01 mm. Melalui halaman ini, sobat idschool akan mempelajari apa itu mikrometer sekrup dan bagaimanan cara membaca mikrometer sekrup.

Sebeumnya akan diulas sedikit tentang fungsi mikrometer sekrup. Bentuk mikrometer seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas membuat sobat idschool harus sangat teliti dalam membaca angka pada skala yang ditunjukkan dan juga harus teliti juga dalam cara membaca mikrometer sekrup.

mikrometer sekrup
Mikrometer Sekrup

Fungsi mikrometer sekrup digunakan untuk mengukur panjang sebuah benda hingga ketelitian 0,01 mm. Pada awal penggunaannya, mikrometer sekrup digunakan untuk mengukur jarak sudut antara bintang-bintang atau ukuran benda-benda langit melalui teleskop.

Bagian – Bagian Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup memiliki tingkat ketelitian yang lebih tinggi dari jangka sorong dan penggaris. Prinsip kerja mikrometer sekrup adalah memperbesar jarak yang terlalu kecil pada pengukuran secara langsung menjadi lebih besar, yang kemudian dilihat skalanya.

Mikrometer sekrup akan sangat berguna untuk mengukur ketebalan suatu benda dengan ukuran yang sangat tipis atau kecil, seperti ketebalan kertas, diameter kabel, kawat, dan lain sebagainya.

Bagian-bagian mikrometer sekrup meliputi

  1. Bingkai/frame (berbentuk seperti Huruf C atau U)
  2. Poros tetap mikrometer
  3. Poros gerak
  4. Pengunci (lock)
  5. Sleeve (tempat letaknya skala utama)
  6. Thimble (tempat skala nonius/skala putar)
  7. Rachet knop (pemutar spindle/poros gerak)

Bagian-bagian mikrometer sekrup dapat dilihat melalui gambar di bawah.

cara membaca mikrometer sekrup
Bagian – Bagian Mikrometer Sekrup

Selanjutnya, bahasan akan masuk pada materi cara membaca mikrometer sekrup.

Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Seperti pada jangka sorong, skala yang dimiliki mikrometer sekrup juga dibedakan menjadi dua, yaitu skala utama dan skala nonius. Skala utama dapat dibaca di bagian sleeve dan skala nonius dapat dibaca di bagian thimble. Sebelum masuk dalam pembahasan cara membaca mikrometer sekrup, sebaiknya simak langkah-langkah menggunakan mikrometer sekrup yang akan diulas pada pembahasan di bawah.

Langkah-langkah Menggunakan Mikrometer Sekrup:

  1. Letakkan objek yang akan diukur, sehingga poros geser dan poros tetap dapat mengapit benda tersebut dengan cara menutar thimble.
  2. Selanjutnya putar ratchet untuk mendapatkan perhitungan yang lebih presisi. Caranya adalah menggerakkan poros geser secara perlahan.
  3. Setelah objek yang akan diukur benar-benar terjepit, lakukan pengamatan pada skala utama dan skala nonius.
  4. Cara membaca mikrometer sekrup akan dibahas lebih detail di bawah.

Langkah-langkah di atas merupakan cara menggunakan mikrometer sekrup. Untuk mengetahui hasil ukuran yang ditunjukkan pada skala mikrometer sekrup, sobat idschool perlu mengetahui cara membaca mikrometer sekrup.

Cara membaca mikrometer sekrup akan dibahas pada penjelasan di bawah.

Proses yang perlu dilakukan untuk mengetahui ukuran benda yang diukur dengan mikrometer sekrup adalah mengamati dengan teliti angka yang ditunjukkan pada skala utama dan skala nonius/vernier.

Selanjutnya, sobat idschool hanya perlu menjumlahkan skala utama dan skala nonius yang telah terbaca sebelumnya. Persamaan hasil ukur mikrometer sekrup sama dengan skala utama ditambah skala nonius.

Hasil ukur = skala utama + skala nonius

Untuk memudahkan pemahaman sobat idschool dalam menentukan ukuran menggunakan mikrometer sekrup, akan diberikan sebuah soal cara membaca mikrometer sekrup beserta pembahasannya.

Cara Membaca Mikrometer Sekrup:

Perhatikan gambar di bawah!

contoh soal cara membaca jangka sorong

Berdasarkan gambar di atas dapat diperoeh informasi:
Skala utama = 4,5
Skala nonius = 29

Hasil pengukuran objek tersebut adalah sebagai berikut.

    \[ \textrm{Hasil ukur} = 4,5 \; \textrm{mm} + \left(29 \times 0,01 \right) \; \textrm{mm} \]

    \[ \textrm{Hasil ukur} = 4,5 \; \textrm{mm} + 0,29 \; \textrm{mm} \]

    \[ \textrm{Hasil ukur} = 4,79 \; \textrm{mm} \]

Bagaimana cara membaca mikrometer sekrup pada pembahasan di atas, mudah bukan? Untuk menambah pemahaman sobat idschoo tentang cara membaca mikrometer sekrup, berikut ini akan diberikan lagi contoh soal dan pembahasan cara membaca mikrometer sekrup.

Contoh Soal Cara Membaca Mikrometer Sekrup dan Pembahasan

Perhatikan gambar berikut ini!

soal cara membaca jangka sorong
Contoh Soal Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Sebuah benda diukur menggunakan mikrometer sekrup dan ukuran benda dapat dilihat seperti gambar di atas. Ukuran benda tersebut adalah ….
A.     5,19 mm
B.     5,69 mm
C.     7,19 mm
D.     7,69 mm

Pembahasan:

Berdasarkan gambar hasil pengukuran, diperoleh informasi bahwa:

Skala utama = 7,5 mm
Skala nonius = 19 \times 0,01 mm

Maka hasil pengukurannya adalah

    \[ \textrm{Hasil ukur} = 7,5 \; \textrm{mm} + \left( 19 \times 0,01 \right) \; \textrm{mm} \]

    \[ \textrm{Hasil ukur} = 7,5 \; \textrm{mm} + 0,19 \; \textrm{mm} \]

    \[ \textrm{Hasil ukur} = 7,69 \; \textrm{mm} \]

Jawaban: D

Sekian pembahasan mengenai bagian-bagian mikrometer sekrup, cara menggunakan mikrometer sekrup, dan cara membaca mikrometer sekrup. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Cara Membaca Jangka Sorong