Jenis – Jenis Segitiga

By | October 19, 2019

Sebelum ke pembahasan jenis – jenis segitiga, ingat kembali apa itu segitiga? Segitiga adalah bangun datar yang memiliki tiga buah sisi dan memiliki tiga buah sudut. Segitiga terbentuk tiga buah garis yang saling berpotongan. Semua bangun datar yang memiliki tiga sudut dan tiga sisi sudah pasti dapat dikatakan sebagai segitiga. Meskipun selalu mempunyai tiga sisi dan tiga sudut, namun segitiga memiliki berbagai bentuk yang berbeda. Kondisi ini dikarenakan besar sudut dan panjang sisi pada sebuah segitiga dapat berbeda – beda antara satu segitiga dengan segitiga lainnya.

Banyaknya bentuk segitiga ini terbagi dalam jenis – jenis segitiga yang dilihat berdasarkan besar sudut dan panjang sisi segitiga. Bentuk segitiga dapat berupa segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, dan segitiga sembarang. Selain itu, juga terdapat bentuk segitiga berupa segitiga lancip, segitiga tumpul, dan segitiga siku – siku. Berbagai bentuk segitiga yang telah disebutkan tadi dibahas dalam materi jenis – jenis segitiga. Jenis – jenis segitiga dapat dibedakan berdasarkan sudut – sudut dan panjang sisi segitiga. Selain itu juga terdapat jenis segitiga istimewa.

Jenis - Jenis Segitiga

Apa saja jenis – jenis segitiga? Melalui halaman ini, sobat idschool dapat mencari tahu lebih banyak mengenai jenis – jenis segitiga. Meliputi jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya, jenis segitiga berdasarkan panjang sisi, jenis segitiga berdasarkan besar sudut dan panjang sisi, serta jenis segitiga istimewa.

Jenis Segitiga Berdasarkan Sudut – Sudut Segitiga

Jenis – jenis segitiga yang dilihat bedasarkan sudut segitiga memuat segitiga lancip, segitiga siku – siku, dan segitiga tumpul. Sebuah segitiga dikatakan sebaiag segitiga lancip jika ketiga sudut yang terdapat pada segitiga merupakan sudut lancip. Untuk sebuah segitiga yang salah satu sudutnya sama dengan 90o dinamakan segitiga siku – siku. Sedangkan segitiga dengan salah satu sudutnya lebih dari 90o disebut sebagai segitiga tumpul.

Simak lebih lanjut pembahasan setiap jenis – jenis segitiga berdasarkan besar sudut pada segitia berikut.

1. Segitiga lancip

Karakteristik segitiga lancip adalah setiap sudutnya berupa sudut lancip (antara 0o – 90o).

Sifat - Sifat Segitiga Lancip

2. Segitiga Siku – Siku

Karakteristik segitiga siku – siku adalah terdapat sebuah sudut yang besarnya sama dengan 90o. Dengan demikian, jumlah kedua sudut lainnya akan sama dengan 90o.

Sifat - Sifat Segitiga Siku - Siku

3. Segitiga Tumpul

Segitiga tumpul adalah segitiga yang satu dari tiga sudutnya merupakan sudut tumpul atau besar sudutnya antara 90o – 180o.

Sifat - Sifat Segitiga Tumpul

Jenis Segitiga Berdasarkan Panjang Sisi Segitiga

Bentuk segitiga yang termasuk dalam jenis segitiga berdasarkan panjang sisi segitiga meliputi segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, dan segitiga sembarang. Bahasan masing – masing bentuk segitiga diberikan pada ulasan berikut.

1. Segitiga Sama Sisi

Bentuk pertama dari jenis – jenis segitiga berdasarkan panjang segitiga adalah segitiga sama sisi. Segitiga sama sisi merupakan segitiga istimewa (lihat penjelasan di bawah).  Karakteristik yang dimiliki segitiga sama sisi adalah memiliki tiga buah sisi yang sama panjang dan ketiga buah sudut sama besar yaitu 60o. Banyaknya simetri lipat dan simetri putar pada segitiga sama sisi adalah sama, yaitu 3 buah.

Sifat - Sifat Segitiga Sama Sisi

2. Segitiga Sama Kaki

Jenis segitiga berikutnya adalah segitiga sama kaki. Segitiga sama kaki juga merupakan segitiga istimewa. Karakteristik dari segitiga sama kaki adalah mempunyai dua buah sisi sama panjang dan dua buah sudut sama besar.

Sifat - Sifat Segitiga Sama Kaki

3. Segitiga Sembarang

Bentuk segitiga sembarang dikenali dari ketiga sisi pada segitiga memiliki panjang yang berbeda. Kondisi ini sekaligus membuat besar ketiga sudut pada segitiga juga akan berbeda.

Sifat - Sifat Segitiga Sembarang

Jenis Segitiga Berdasarkan Besar Sudut dan Panjang Sisi Segitiga

Berbagai bentuk segitiga yang telah disebutkan pada jenis segitiga berdasarkan besar sudut dan panjang sisi dapat dilebih luaskan lagi. Bahasan berikut mengulas jenis segitiga berdasarkan sudut dan panjang sisi segitiga sekaligus. Bentuk segitiga dalam bahasan ini meliputi segitiga lancip sama sisi, segitiga lancip sama kaki, segitiga lancip sembarang, segitiga tumpul sama kaki, segitiga tumpul sembarang, segitiga siku – siku sama kaki, dan segitiga siku – siku sembarang.

Tabel berikut menunjukkan pemetaan bentuk segitiga dalam jenis – jenis segitiga yang ditinjau berdasarkan sudut dan panjang sisi segitiga.

Jenis Segitiga Berdasarkan Panjang Sisi dan Besar Sudut Segitiga

Jenis – Jenis Segitiga Istimewa

Pada dasarnya, segitiga merupakan bangun datar istimewa. Diketahui bahwa segi – n dapat dibentuk menggunakan beberapa segitiga. Melalui alasan inilah segitiga dikatakan sebagai bangun datar istimewa.

Namun, ternyata dalam bangun datar istimewa berupa segitiga terdapat segitiga – segitiga istimewa dalam kelompok jenis – jenis segitiga istimewa. Yang dimaksud dari segitiga istimewa adalah segitiga yang memiliki sifat-sifat khusus atau istimewa. Segitiga – segitiga istimewa termasuk dalam jenis segitiga istimewa dilihat dari karakteristik yang dimiliki sifat segitiga terkait.

Sifat khusus tersebut dilihat dari hubungan panjang sisi – sisi segitiga atau hubungan besar sudut – sudut segitiga.

Segitiga Istimewa

Jenis – jenis segitiga yang termasuk dalam segitiga istimewa adalah segitiga siku – siku, segitiga sama kaki, dan segitiga sama sisi.

1. Segitiga Sama Sisi

Jenis segitiga istimewa yang pertama adalah segitiga sama sisi.

Segitiga Sama Sisi

Beberapa alasan yang membuat segitiga sama sisi termasuk dalam segitiga istimewa diberikan seperti berikut.

  • Besar ketiga sudut pada segitiga sama sisi adalah 60o
  • Panjang ketiga semua sisinya adalah sama panjang
  • Memiliki 3 simetri putar, 3 simetri lipat, dan 3 sumbu simetri
  • Potongan dua bagian sama besar melalui sumbu simetri segitiga akan menghasilkan dua buah segitiga dengan luas yang sama
  • Jika diketahui panjang sisi segitiga adalah s maka tinggi segitiga akan sama dengan t = \frac{1}{2} s \sqrt{3}
  • Jika panjang sisi segitiga sama dengan s maka luas segitiga dapat diketahui yaitu sama dengan L = \frac{1}{4} s^{2} \sqrt{3}

2. Segitiga Sama Kaki

Segitiga sama kaki memiliki dua buah sudut dan dua sudut yang sama besar. Kedua sisi yang sama panjang pada segitiga jenis ini merupakan kaki segitiga. Satu buah sisi segitiga yang bukan merupakan kaki segitiga merupakan alas segitiga.

Segitiga Sama Kaki

Alasan lain yang menjadikan segitiga sama kaki merupakan segitiga istimewa adalah tinggi segitga yang dapat dicari menggunakan teorema Pythagoras. 

3. Segitiga Siku – Siku

Sebuah sudut siku – siku pada segitiga siku – siku membuat segitiga jenis ini termasuk dalam segitiga istimewa. Sisi yang berhadapan dengan sudut siku – siku disebut sisi miring atau hipotenusa. Hal yang paling istimewa dari segitiga siku – siku adalah berlakunya teorema Pythagoras. Sifat istimewa lain yang dimiliki segitiga siku – siku adalah nilai tinggi segitiga segitiga sama dengan salah satu sisi yang terdapat pada segitiga siku – siku.

Segitiga Siku Siku

Demikianlah tadi ulasan materi yang membahas jenis – jenis segitiga. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.