Cara Mengerjakan Soal yang Memuat Perbandingan Dua Tingkat

By | October 12, 2021

Persoalan terkait perbandingan dua tingkat biasanya memuat dua perbandingan nilai yang memiliki satu komponen sama. Misalnya, diketahui perbandingan pertama adalah A : B = 3 : 5 dan perbandingan kedua adalah B : C = 5 : 8. Antara perbandingan pertama dan kedua sama-sama memiliki komponen sama yaitu nilai B. Sehingga, antara perbandingan pertama dan kedua dapat digabung dalam sebuah perbandingan.

Hasil perbandingan dua tingkat berupa sebuah perbandingan yang memuat tiga nilai. Pembanding nilai B pada perbandingan A : B = 3 : 5 dan perbandingan B : C = 5 : 8 adalah sama. Sehingga perbandingan tersebut dapat langsung digabung menjadi A : B : C = 3 : 5 : 8. Jika komponen pembanding yang sama memiliki nilai berbeda maka perlu di samakan terlebih dahulu.

Perbandingan Dua Tingkat

Bagaimana cara menyelesaikan soal yang memuat perbandingan dua tingkat? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Baca juga: Perbandingan Skala, Senilai, dan Berbalik Nilai

Perbandingan

Perbandingan antara dua komponen menunjukkan hubungan kuantitas dari komponen tersebut. Misalnya terdapat dua komponen A dan B dengan perbandingan A : B = 1 : 2. Dari perbandinga tersebut dapat disimpulkan bahwa setiap 1 satuan komponen A ada 2 satuan komponen B.

Sebagai contoh, takaran tepung dan gula untuk membuat suatu kue adalah gula : tepung = 1 : 2. Artinya, jika kue menggunakan 1 kg gula maka tepung yang digunakan adalah 2 kg.

Contoh Perbandingan

Perbandingan Dua Tingkat

Beberapa persoalan sering diberikan dalam dua tingkat. Misalnya, perbandingan A : B = 1 : 2 dan perbandingan B : C = 3 : 5. Dua perbandingan tersebut memiliki hubungan, di mana ada komponen yang sama pada perbandingan pertama dan kedua. Antara perbandingan A : B = 1: 2 dan B : C = 3 : 5 terdapat komponen yang sama yaitu B.

Soal yang memuat perbandingan dua tingkat perlu digabungkan menjadi sebuah perbandingan. Dari hasil gabungan dua perbandingan tersebut kemudian dapat diperoleh hubungan antara komponen-komponen dalam perbandingan.

Cara mengerjakan soal perbandingan dua tingkat secara garis besar terdiri dari dua langkah. Pertama adalah menentukan gabungan perbandingan. Dan yang kedua adalah menentukan apa yang ditanyakan. Pertanyaan biasanya Seputar menentukan masing-masing nilai, jumlah, atau selisih antar komponen.

Cara Mengerjakan Soal yang Memuat Perbandingan Dua Tingkat

Untuk melihat bagaimana penyelesaian soal perbandingan dua tingkat, sobat idschool dapat melihatnya seperti penyelesaian soal di bawah.

Soal:
Perbandingan banyak siswa di ruang aula 1 dan aula 2 adalah 3 : 4. Perbandingan banyak siswa di ruang aula 2 dan aula 3 adalah 2 : 3. Banyak siswa di aula 1 dan aula 2 adalah 420 orang. Berapa banyak siswa di ruang aula 3?

Baca Juga: Hubungan Jarak pada Peta dan Jarak Sebenarnya

Penyelesaian:

Informasi yang diberika pada soal meliputi:

  • Perbandingan siswa di aula 1 (A1) : aula 2 (A2) = 3 : 4
  • Perbandingan siswa di aula 2 (A1) : aula 3 (A3) = 2 : 3
  • Banyak siswa di aula 1 dan aula 2: nA1 + nA2 = 420

Gabungan perbandingan siswa di aula 1, aula 2, dan aula 3:

Gabungan Perbandingan Dua Tingkat

Diperoleh perbandingan tiga nilai untuk banyak siswa di aula 1, aula 2, dan aula 3. Diketahui bahwa banyak siswa di aula 1 (nA1) dan aula 2 (nA2) sama dengan 420 orang. Dari beberapa informasi yang telah diperoleh dapat digunakan untuk menghitung banyak siswa di aula 3 (nA3).

Contoh Cara Mengerjakan Soal Perbandingan Dua Tingkat

Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa banyak siswa di ruang aula 3 ada sebanyak 360 orang.

Baca Juga: Materi Peluang Tingkat SMP

Contoh Soal dan Pembahasan

Beberapa contoh soal di bawah dapat sobat idschool gunakan untuk menambah pemahaman bahasan di atas. Setiap contoh soal yang diberikan dilengkapi dengan pembahasannya. Sobat idshcool dapat menggunakan pembahasan tersebut sebagai tolak ukur keberhasilan mengerjakan soal. Selamat Berlatih!

Contoh 1 – Perbandingan 2 Tingkat

Edo memelihara ternak yang terdiri dari ayam, bebek, dan ikan. Perbandingan banyak ayam dan bebek yang dipelihara Edo adalah 7 : 4. Sedangkan perbandingan bebek dan ikan miliki Edo adalah 3 : 2. Diketahui banyak ikan yang dipelihara Edo ada 64 ekor. Banyak ayam dan bebek masing-masing yang dipelihara Edo ada sebanyak ….
A. 168 ekor dan 96 ekor
B. 96 ekor dan 168 ekor
C. 264 ekor dan 72 ekor
D. 72 ekor dan 264 ekor

Pembahasan:

Perbandingan ternak yang dimiliki Edo:

Perbandingan Dua Tingkat

Diperoleh perbandingan ternak Edo yang terdiri dari ayam, bebek, dan ikan adalah A : B : I = 21 : 12 : 8. Diketahui bahwa banya ikan yang dipelihara Edo sebanyak 64 ekor. Dari iformasi yang ada dapat diketahui banyaknya masing-masing ayam dan bebek yang dipelihara Edo.

Menghitung ayam yang dipelihara Edo:

Perbandingan Banyak Ayam

Menghitung bebek yang dipelihara Edo:

Perbandingan Banyak Bebek

Jadi, banyak ayam dan bebek masing-masing yang dipelihara Edo ada sebanyak 168 ekor dan 96 ekor.

Jawaban: A

Contoh 2 – Perbandingan Dua Tingkat

Perbandingan uang Budi dan uang Rani adalah 3 : 4, sedangkan perbandingan uang Rani dan Tini adalah 6 : 7. Selisih uang Rani dan uang Budi adalah Rp30.000,00. Jumlah uang Budi dan uang Tini adalah ….
A. Rp270.000,00
B. Rp260.000,00
C. Rp230.000,00
D. Rp210.000,00

Pembahasan:

Menentukan perbandingan uang Budi (B), uang Rani (R), dan uang Tini (T):

Cara Menggabungkan Perbandingan Dua Tingkat

Diperoleh perbandingan uang Budi, uang Rani, dan uang Tini adalah B : R : T = 9 : 12 : 14. Diketahui bahwa selisih uang Rani dan uang Budi adalah Rp30.000,00. Jumlah uang Budi dan uang Tini dapat dihitung seperti cara berikut.

Perbandingan Jumlah Uang Budi dan Tini

Jadi, jumlah uang Budi dan uang Tini adalah Rp230.000,00.

Jawaban: C

Contoh 3 – Perbandingan Dua Tingkat

Perbandingan banyak permen Alya dan Betty adalah 2 : 3, sedangkan perbandingan banyak permen Betty dan Cahya adalah 4 : 5. Jika jumlah permen Alya dan Cahya adalah 92 butir maka selisih permen Alya dan Betty adalah ….
A. 28 butir
B. 18 butir
C. 16 butir
D. 12 butir

Pembahasan:

Perbandingan banyak permen yang dimiliki Alya (A), Betty (B), dan Cahya (C):
A : B = 2 : 3 = 8 : 12
B : C = 4 : 5 = 12 : 15
A : B : C = 8 : 12 : 15

Sehingga diperoleh perbandingan banya permen yang dimiliki Alya, Betty, dan Cahaya adalah A : B : C = 8 : 12 : 15.

Menghitung selisih permen yang dimiliki Betty dan Alya:

Perbandingan Selisih Permen Alya dan Betty

Jadi, selisih permen Alya dan Betty adalah 16 butir.

Jawaban: C

Demikianlah tadi ulasan perbandingan dua tingkat beserta contoh soal dan pembahasannya. Terimakasih sudah mengunjungi idshcool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Baris dan Deret

Category: SMP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.