Cara Melakukan Perkalian Pecahan Berbeda Bentuk

By | August 28, 2020

Pecahan adalah bilangan rasional yaitu bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk a/b dengan nilai b ≠ 0. Bentuk a/b memuat dua bilangan bulat a dan d. Bilangan a disebut pembilang dan bilangan b disebut penyebut. Bentuk bentuk pecahan meliputi pecahan biasa, pecahan campuran, dan pecahan desimal. Contoh pecahan biasa adalah ½, 1/3, 2/5, dan lain sebagainya. Pecahan campuran adalah bentuk pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa seperti 12/3, 22/5, 22/5, dan lain sebagainya. Sedangkan pecahan desimal merupakan bentuk pecahan dengan tanda koma, contohnya adalah 0,5; 0,002; 1,25; dan lain sebagainya. Antar bentuk pecahan yang berbeda dapat dilakukan operasi perkalian.

Bagaimana cara melakukan perkalian pecahan berbeda bentuk? Simak cara melakukan perkalian pecahan berbeda bentuk pada ulasan di bawah.

Perkalian Pecahan Campuran dengan Desimal Menjadi Pecahan Campuran

Ingat kembali bagaimana bentuk pecahan campuran dan bagaimana bentuk pecahan desimal. Kedua pecahan tersebut memiliki bentuk yang berbeda bukan? Bagaimana cara melakukan perkalian pada dua bentuk pecahan yang berbeda tersebut? Simak cara menyelesaikan perkalian pecahan berbeda bentuk pada contoh berikut.

Perkalian Pecahan Berbeda Bentuk

Diketahui bahwa soal di atas merupakan operasi perkalian untuk dua bentuk pecahan yang berbeda. Pecahan pertama merupakan pecahan campuran. Bentuk pecahan kedua adalah pecahan desimal. Di sini, kita akan mengalikan dua bentuk pecahan yang berbeda yang hasilnya berupa pecahan campuran.

Agar dapat melakukan perkalian, sobat idschool perlu mengubah kedua bentuk pecahan menjadi bentuk pecahan biasa.

Mengubah setiap bentuk pecahan menjadi pecahan biasa.

Mengubah Bentuk Pecahan

Selanjutnya, perkalian pecahan dapat dilakukan dengan mengalikan penyebut dengan penyebut serta pembilang dengan pembilang. Jika ada bentuk pecahan yang bisa disederhanakan bisa dilakukan untuk mempermudah perhitungan.

Cara Melakukan Perkalian Pecahan Berbeda Bentuk

Perkalian Pecahan Campuran dengan Desimal Menjadi Pecahan Desimal

Selanjutnya, bagaimana kalau yang diminta hasil akhirnya berupa pecahan desimal. Ada dua cara yang bisa dilakukan.

Pertama adalah mengerjakan seperti pada contoh pengerjaan sebelumnya. Kemudian, sobat idschool hanya perlu mengubah hasil akhir bentuk pecahan biasa yang diperoleh menjadi pecahan desimal. Hasil akhir yang diperoleh pada bahasan nilai di atas adalah 4/5. Nilai pecahan biasa tersebut jika diubah ke dalam bentuk pecahan desimal sama dengan 0,8.

Atau, sobat idschool juga dapat melakukan dengan cara kedua. Cara kedua ini dapat dilakukan dengan mengubah semua bentuk pecahan ke pecahan desimal semuanya.

Mengubah Bentuk Pecahan Menjadi Bentuk Desimal

Dua bentuk pecahan desimal tersebut kemudian dikalikan untuk memperoleh hasilnya.

Perkalian Pecahan Desimal

Demikianlah ulasan cara melakukan perkalian pecahan berbeda bentuk. Ada dua cara perkalian pecahan berbeda bentuk dengan hasil yang berbeda. Pertama adalah perkalian pecahan campuran dengan desimal menjadi pecahan campuran. Kedua adalah perkalian pecahan campuran dengan desimal menjadi pecahan desimal.

Meskipun memiliki bentuk akhir yang berbeda, dari dua bentuk perkalian tersebut akan mempunyai nilai yang sama. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Operasi Hitung Pecahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.