Operasi Hitung Campuran Negatif Positif

Bahasan matematika yang menanyakan hasil dari perhitungan bilangan positif dan negatif termasuk dalam operasi hitung campuran negatif positif. Cara melakukan operasi hitung campuran negatif positif dilakukan sesuai kesepakatan dalam perhitungan matematika. Operator matematika dalam operasi hitung campuran bilangan positif dan negatif dapat meliputi jumlah (+), kurang (–), kali (×), dan bagi (:).

Contoh operasi hitung campuran negatif positif adalah –8 + (–3) = ?; 8 + (–3) = ?; –6 × (3) = ?; 6 : (–3) = ?; dan lain sebagainya. Bagaimana cara melakukan operasi hitung campuran negatif positif? Sobat idschool dapat mencari tahu pembahasannya di bawah.

Table of Contents

Baca Juga: Cara Menjumlahkan Pecahan

Cara Melakukan Operasi Hitung Campuran Negatif Positif

Perhatikan sebuah persoalan yang memuat masalah operasi hitung campuran negatif positif berikut.

Soal:
Suhu udara di kutub utara pada malam hari  mencapai 5oC dibawah 0oC. Suhu pada daerah tersebut kemudian naik menjadi 3oC pada siang hari. Berapakah kenaikan suhu yang terjadi?

Contoh persoalan di atas menjadi bahasan dalam operasi hitung campuran negatif positif. Cara menyelesaikan persoalan tersebut sama seperti operasi hitung pada bilangan bulat biasa. Hanya saja karena melibatkan bilangan negatif sehingga menjadi sedikit terlihat rumit. Nyatanya, tidak sama sekali.

Diketahui bahwa suhu udara di kutub utara pada malam hari adalah 5oC dibawah 0oC. Artinya, suhu di kutub pada malam hari sama dengan –5oC. Kemudian suhu menjadi 3oC pada siang hari. Kondisi tersebut menandakan bahwa suhu udara mengalami kenaikan, misalnya sebesar X.

Secara matematis, pernyataan dapat ditulis menjadi –5oC + X = 3oC. Sehingga kenaikan suhu yang terjadi adalah sebesar 8oC. Untuk lebih jelasnya perhatikan ilustrasi sederhana mengenai kondisi suhu kutub pada siang dan malam hari seperti berikut ini.

Cara Melakukan Operasi Hitung Campuran Positif Negatif

Persoalan tersebut tidak melibatkan bilangan yang cukup besar. Sehingga cukup mudah untuk digambarkan dalam sebuah garis bilangan.

Namum, bagaimana untuk bilangan yang cukup besar? Menggambarkan semuanya pada garis bilangan tentu bukan solusinya. Lalu bagaimana pula untuk operasi perkalian dan pembagian dua bilangan yang berbeda tanda? Simak bahasan tersebut melalui ulasan di bawah.

Baca Juga: Cara Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Desimal

Penjumlahan dan Pengurangan Dua Buah Tanda Berbeda

Beberapa soal memberikan dua buah bilangan untuk dihitung dengan tanda operasi hitung lebih dari satu. Misalnya pada soal berikut: 12 + (–5) –  (–18). Untuk mengerjakannya, sobat idschool perlu mengubah tandanya menjadi satu lebih dahulu.

  • Dua buah tanda berbeda yang saling berdekatan akan menghasilkan tanda negatif.
  • Dua buah tanda sama yang saling berdekatan akan menghasilkan tanda positif.

Sehingga, penyelesaian untuk soal  12 + (–5) – (–18) = 12 – 5 + 18 = 25.

Operasi Hitung Campuran Negatif Positif

Baca Juga: Operasi Hitung Bilangan Bulat

Perkalian dan Pembagian Dua Buah Tanda Berbeda

Berikutnya adalah cara melakukan perhitungan untuk perkalian dan pembagian dengan dua buah tanda berbeda. Proses perhitungan perkalian dua bilangan sama dengan operasi hitung bilangan bulat. Namun pada perkalian dan pembagian dua buah tanda berbeda perlu lebih teliti mengamati tanda yang berbeda.

Perkalian atau pembagian dari dua bilangan yang memiliki tanda sama akan akan menghasilkan tanda positif. Sedangkan pada perkalian atau pembagian dua bilangan yang bertanda berbeda akan menghasilkan tanda negatif.

Operasi Hitung Campuran Perkalian dan Pembagian Bilangan Positif Negatif

Baca Juga: Operasi Hitung Bilangan Pecahan

Contoh Soal dan Pembahasan

Beberapa contoh soal di bawah meliputi berbagai tipe soal untuk materi operasi hitung campuran negatif positif. Sobat idschool dapat melatih kemampuan melalui beberapa contoh soal di bawah. Dilengkapi juga pembahasan soal yang dapat sobat idschool gunakan sebagai tolak ukur keberhasilan mengerjakan soal, selamat berlatih.

Contoh 1 – Soal Operasi Hitung Campuran Negatif Positif

Hasil dari – 25 + 50 –(–5) adalah ….
A. 30
B. 25
C. 20
D. 15

Pembahasan:

Ada dua buah tanda yang saling berdekatan pada soal tersebut. Untuk melakukan perhitunhan perlu mengoperasikan tandanya terlebih dahulu. Ingat kembali bahwa du abuah tanda berdekatan akan sama.

Sehingga, hasil perhitungan menjadi

– 25 + 50 –(–5)
= – 25 + 50 + 5
= 25 + 5
= 30

Jawaban: A

Contoh 2 – Soal Operasi Hitung Campuran Negatif Positif

Hasil dari 15 × (–2) + 36 : (–4) adalah ….
A. –39
B. –21
C. 9
D. 39

Pembahasan:

15 × (–2) + 36 : (–4)
= –30 + ( –9)
= –30 – 9
= –39

Jawaban: A

Contoh 3 – Soal Cerita Operasi Hitung Campuran

Suhu sepotong daging beku ketika dikeluarkan dari lemari pendingin adalah –9 oC. Saat dimasak suhunya naik 96 oC. Ketika dihidangkan suhunya turun 21 oC. Suhu daging tersebut pada saat dihidangkan adalah …..
A. 64oC
B. 66 oC
C. 76 oC
D. 84 oC

Pembahasan:

Berdasarkan soal cerita pada soal dapat diperoleh persamaan: – 9 +   96  – 21.

Contoh Soal Operasi Hitung Campuran Positif Negatif

Hasil perhitungannga adalah –9 + 96 – 21 = 66oC.

Jawaban: B

Demikianlah tadi ulasan materi operasi hitung campuran negatif positif yang meliputi bagaimana melakukan operasi hitung campuran untuk bilangan negatif dan positif. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Soal Cerita KPK – Tanggal Bersama

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.