Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Permintaan

By | June 24, 2020

Permintaan merupakan sejumlah barang atau jasa yang diinginkan oleh pasar/masyarakat dengan berbagai tingkat harga tertentu. Permintaan pasar ini timbul karena kebutuhan masyarakat yang perlu untuk dipenuhi. Hukum permintaan menyatakan hubungan berkebalikan antara harga dan tingkat permintaan. Semakin rendah tingkat harga suatu barang/jasa akan semakin banyak barang/jasa tersebut yang diminta. Semakin tinggi harga suatu barang/jasa akan semakin sedikit permintaan barang/jasa tersebut. Kondisi ini berlaku saat faktor – faktor yang mempengaruhi permintaan pasar dalam keadaan tetap (ceteris paribus).

Hukum permintaan dapat digambarkan melalui sebuah kurva permintaan. Kurva permintaan ini menyatakan hubungan antara harga dan jumlah permintaan. Apabila harga barang/jasa semakin tinggi, jumlah permintaan akan menjadi semakin sedikit. Sebaliknya, apabila harga barang/jasa semakin rendah akan membuat jumlah permintaan akan semakin meningkat. Gambar kurva permintaan diberikan seperti pada gambar berikut.

Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dalam Kurva Permintaan

Banyak atau sedikitnya permintaan pasar dipengaruhi oleh beberapa faktor. Banyaknya permintaan akan suatu barang atau jasa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut ini memuat apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan.

Harga Barang

Faktor pertama yang mempengaruhi permintaan adalah harga barang/jasa. Nilai barang atau jasa yang naik akan menyebabkan jumlah barang yang diminta pasar akan berkurang. Sebaliknya, apabila harga suatu barang atau jasa turun akan menyebabkan jumlah barang/jasa yang diminta pasar akan bertambah banyak.

Sebagai contoh, permintaan semangkuk bakso dengan poris dan rasa yang sama. Harga semangkuk bakso dengan harga lebih terjangkau akan memiliki jumlah permintaan lebih besar. Dibanding dengan semangkuk bakso dengan dengan harga yang lebih mahal.

Baca Juga: Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

Pendapatan Masyarakat

Selanjutnya, faktor yang kedua adalah pendapatan masyarakat. Rata – rata pendapatan masyarakat yang naik akan mendorong keinginan untuk konsumsi lebih. Sehingga, apabila pendapatan rata – rata setiap orang naik maka akan memengaruhi jumlah barang yang diminta pasar akan bertambah.

Kondisi sebaliknya juga dapat terjadi, pendapatan yang menurun akan mendorong seseorang untuk lebih berhemat. Jadi, apabila pendapatan turun (atau tidak ada/memiliki pendapatan) akan sangat mempengaruhi berkurangnya jumlah barang yang diminta.

Baca Juga: Masalah Pokok Ekonomi

Selera Masyarakat

Faktor berikutnya yang mempengaruhi banyak atau sedikitnya permintaan adalah selera masyarakat akan suatu produk barang/jasa. Apabila seseorang memiliki ketertarikan akan suatu produk barang/jasa akan mendorong keinginan untuk memilikinya. Kondisi yang demikian akan membuat permintaan produk barang/jasa tersebut menjadi meningkat. Keinginan memiliki produk barang/jasa tersebut sedikit akan menghiraukan tingginya harga

Sebaliknya, apabila selera masyarakat terhadap barang tersebut rendah maka permintaan barang tersebut juga menurun.

Baca Juga: Faktor yang Mempengaruhi Nilai Kurs

Kualitas Barang

Faktor yang mempengaruhi permintaan berikutnya adalah kualitas barang. Barang dengan kualitas bagus tentu akan lebih mendapat tempat di pasar. Akibatnya, permintaan barang atau jasa dengan kualitas bagus akan meningkat. Apabila kualitas barang tidak bagus akan mengurangi keinginan seseorang untuk memilikinya. Akibatnya, permintaan barang atau jasa yang tidak bagus akan menurun.

Barang Pengganti

Keberadaan barang pengganti juga akan mempengaruhi permintaan batang utama. Sebagai contoh, permintaan gas akan tinggi kalau masyarakat menggunakan kompor gas. Namuun, ketika masyarakat beralih menggunakan kompor minyak, permintaan akan barang utama, yaitu gas, akan turun.

Jumlah Penduduk

Faktor berikutnya adalah jumlah penduduk. Dalam yang lebih lingkup kecil misalnya, kebutuhan sebuah keluarga dengan anggota 3 orang akan lebih sedikit dibanding sebuah keluarga dengan jumlah anggota 5 orang. Kondisi ini juga berlaku dalam lingkup yang lebihh luas.

Jumlah penduduk yang semakin tinggi akan membuat jumlah permintaan semakin meningkat. Jumlah penduduk yang semakin rendah akan membuat jumlah permintaan menurun.

Baca Juga: Rumus Elastisitas Permintaan dan Penawaran

Prediksi Masa Depan

Permintaan pasar akan suatu barang atau jasa juga dipengaruhi prediksi masa depan. Misalnya pada prediksi bahan bakar minyak yang akan mengalami kenaikan. Dalam waktu singkat, permintaan pasar akan bahan bakar minyak akan meningkat karena masyarakat juga akan menambah permintaan.

Akan tetapi, apabila keadaan perekonomian negara sudah semakin membaik, maka harga cenderung turun dan masyarakat menahan diri untuk mengurangi permintaan terhadap barang tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Utama Pelaku Pasar Modal

Waktu

Waktu juga dapat mempengaruhi banyak atau sedikitnya permintaan suatu barang atau jasa. Misalnya pada waktu musim hujan, permintaan produk seperti payung atau jas hujan akan mengalami peningkatan dibanding permintaan di musim kemarau. Hal ini dikarenakan kebutuhan masyarakat akan produk tersebut.

Kondisi sebaliknya juga akan terjadi. Pada waktu musim kemarau, permintaan akan produk seperti payung atau jas hujan akan mengalami penurunan.

Demikianlah tadi ulasan mengenai apa saja faktor – faktor yang mempengaruhi permintaan. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Instrumen Pasar Modal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.