Rumus Volume dan Luas Permukaan Balok

Rumus balok terdiri dari rumus volume balok dan rumus luas permukaan balok. Volume balok menyatakan kapasitas muatan balok tersebut (isi balok). Rumus volume balok sama dengan perkalian panjang (p), lebar (ℓ), dan tinggi (t) balok yang secara matematis dituliskan Vbalok = p × ℓ × t. Sementara luas permukaan balok menyatakan jumlah luas sisi-sisi bidang datar yang menyusun balok. Secara matematis, rumus luas permukaan balok sesuai dengan persamaan Lpermukaan balok = 2(p×ℓ + p×t + ℓ×t).

Bagaimanakah cara menghitung volume balok? Bagaimanakah cara menghitung luas permukaan balok? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan rumus volume dan rumus luas permukaan balok berikut.

Table of Contents

Baja Juga: Rumus Volume dan Luas Permukaan Kerucut

Karakteristik Bentuk Balok

Sebelumnya, ingat kembali apa dan bagaimana bentuk balok. Balok disusun oleh 3 pasang sisi datar sejajar yang saling berhadapan dan setiap pasang sisi balok saling tegak lurus. Salah satu pasang sisi balok memiliki bentuk persegi panjang, sementara yang lainnya dapat berupa persegi, persegi panjang, atau bentuk segi empat lainnya.

Balok adalah bangun datar yang memiliki 6 sisi dengan bentuk segi empat, 12 rusuk, dan 8 titik sudut. Pada balok terdapat 12 buah diagonal sisi dan 4 buah diagonal ruang. Pada balok terdapat bidang diagonal yaitu bangun datar yang dibatasi oleh 2 rusuk balok sejajar dan 2 diagonal sisi sejejar.

Komponen-komponen penyusun balok ditunjukkan seperti gambar berikut.

Komponen - Komponen Penyusun Balok

Baca Juga: Rumus Volume dan Luas Permukaan Limas

Rumus Volume Balok

Volume dari suatu balok menyatakan isi atau kapasitas muatan yang dapat ditampung oleh bangun tersebut. Misalkan sebuah air yang ditempatkan pada sebuah wadah berbentuk balok secara penuh. Banyaknya air yang mengisi balok tersebut merupakan volume dari balok tersebut.

Volume balok dapat dihitung melalui rumus volume balok yang dinyatakan melalui persamaan V = p × ℓ × t di mana p = panjang balok, ℓ = lebar balok, dan t = tinggi balok.

Rumus Volume Balok

Volume balok dapat dinyatakan dalam satuan m3, cm3, liter, cc, atau satuan volume lain bergantung dari satuan rusuk-rusuk balok. Antar satuan volume memiliki hubungan yang dapat dilakukan konversi satuan.

Perlu diperhatikan bahwa dalam menghitung volume balok perlu memperhatikan satuan dari panjang rusuk-rusuk balok. Perhitungan volume balok dapat dilakukan pada rusuk-rusuk balok yang memiliki satuan sama. Jika salah satu panjang rusuk balok memiliki satuan yang berbeda maka satuan panjang rusuk perlu disamakan terlebih dahulu.

Misalkan, diketahui sebuah balok memiliki ukuran panjang p = 12 cm; lebar ℓ = 0,08 m; dan tinggi t = 0,2 dm. Perhatikan bahwa ketiga satuan panjang rusuk balok belum sama, sehingga satuan-satuan panjang rusuk perlu disamakan terlebih dahulu. Sebagai contoh ketiga panjang rusuk akan diubah ke dalam sataun cm.

Konversi satuan panjang rusuk balok:
Panjang: p = 12 cm
Lebar: ℓ = 0,08 m = 0,08 × 100 cm = 8 cm
Tinggi: t = 0,2 dm = 0,2 × 10 cm = 2 cm

Perhatikan bahwa ketiga rusuk balok sudah sama, sehingga volume balok selanjutnya dapat dihitung. Satuan volume balok yang ketiga rusuknya memiliki satuan cm adalah cm3, satuan volume balok yang ketiga rusuknya memiliki satuan m adalah m3, dan lain sebagainya.

Rumus Luas Permukaan Balok

Luas permukaan balok sama dengan jumlah luas seluruh sisi yang menyusun suatu balok. Diketahui bahwa jumlah sisi yang menyusun balok ada sebanyak 6 buah sisi berbentuk bangun datar segi empat. Luas dan besar dua sisi yang saling berhadapan besarnya sama. Sehingga luas permukaan balok sama dengan dua kali jumlah ketiga luas sisi balok yang berbeda.

Secara matematis, rumus luas permukaan balok sesuai dengan persamaan Lpermukaan balok = 2(p×ℓ + p×t + ℓ×t).

Rumus untuk Menghitung Luas Permukaan Balok

Volume balok dapat dinyatakan dalam satuan m2, cm2, atau satuan luas lainnya bergantung dari satuan rusuk-rusuk balok. Penting juga untuk diperhatikan untuk satuan-satuan rusuk balok memiliki bentuk yang sama.

Baca Juga: Rumus Volume dan Luas Permukaan Kubus

Contoh Soal dan Pembahasan

Selanjutnya, sobat idschool dapat melatih pemahaman materi melalui beberapa contoh soal dan pembahasan berikut. Soal-soal yang diberikan meliputi beberapa tipe soal untuk materi rumus volume dan luas permukaan balok. Setiap soal yang diberikan dilengkapi dengan pembahasannya untuk dijadikan tolak ukur keberhasilan mengerjakan soal. Selamat Berlatih!

Contoh 1 – Menghitung Volume Balok

Contoh Soal Volume Balok

Volume balok di atas adalah ….
A. 0,15 m3
B. 15 m3
C. 150 m3
D. 150.000 m3

Pembahasan:
Perhatikan bahwa satuan yang digunakan belum sama, sehingga perlu dilakukan konversi satuan terlebih dahulu.

  • Panjang balok: p = 2 m
  • Lebar balok: ℓ = 25 cm = 0,25 m
  • Tinggi balok: t = 30 cm = 0,3 m

Menghitung volume balok:
Vbalok = p × ℓ × t
Vbalok = 2 × 0,25 × 0,3
Vbalok = 0,15 m3

Jadi, volume balok tersebut adalah 0,15 m3.

Jawaban: A

Baca Juga: Rumus Luas Permukaan dan Volume Bola

Contoh 2 – Menghitung Luas Permukaan Balok

Perhatikan gambar berikut!

Contoh Soal Luas Permukaan Balok

Luas permukaan balok tersebut adalah ….
A. 8.330 cm2
B. 6.916 cm2
C. 2.646 cm2
D. 1.696 cm2

Pembahasan:
Diketahui informasi gambar pada soal mempunyai p = 14 cm, ℓ = 17 cm, dan t = 35 cm. luas permukaan balok tersebut dapat dihitiung seperti pada cara penyelesaian berikut.

Menghitung luas permukaan balok:
Lpermukaan balok = 2(p × ℓ + p × t + ℓ × t)
= 2(14 × 17 + 14 × 35 + 17 × 35)
= 2(238 + 490 + 595)
= 2 × 1.323 = 2.646 cm2

Jadi, luas permukaan balok tersebut adalah 2.646 cm2.

Jawaban: C

Baca Juga: Menghitung Luas Daerah yang Diarsir

Contoh 3 – Mencari Volume Gabungan Balok

Contoh Soal Volume Gabungan Balok

Pembahasan:
Untuk mengerjakan soal seperti yang diberikan pada soal, sobat perlu memisah dua buah balok gabungan yang diberikan. Volume gabungan balok dapat diperoleh dengan menjumlahkan semua volume balok pada bangun gabungan tersebut.

Perhatikan langkah-langkahnya seperti berikut.

Cara Menghitung Volume Gabungan Balok

Menghitung volume gabungan:
Vgabungan = V1 + V2
Vgabungan = 180 cm3 + 540 cm3 = 720 cm3

Jadi, volume gabungan dua buah balok tersebut adalah 720 cm3.

Jawaban: B

Itulah tadi bahasan materi mengenai rumus volume dan rumus luas permukaan balok yang dilengkapi contoh soal penggunaan rumus volume dan luas permukaan balok beserta dengan pembahasannya. Terima kasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Bangun Ruang Sisi Datar

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.